JUAL BATU AKIK SPRITUS DI JULUKI PANGERAN BIRU DARI BATURAJA SUMATERA SELATAN

Dari setiap daerah yang ada di Indonesia tentu memiliki nama, jenis dan kualitas batu akik tersendiri, memang biasanya batu akik itu diberi nama sesuai dengan warna yang di milikinya. Salah satu batu yang lagi primadona adalah batu biru Baturaja atau sering dikenal spritus Baturaja.

Sesuai nama panggilannya, batu akik jenis Calcedony ini memiliki ciri khas berwarna biru kristal dengan kekerasan mencapai 7 mohs. Untuk batu kualitas super dengan warna biru tua yang menyerupai warna cairan spiritus, batu dengan ‘grade’ paling tinggi dan memiliki harga paling tinggi pula.

Namun belum banyak kolektor batu yang mengoleksi batu spritus ini terkecuali Bang Zoem putra asli Baturaja ini lah yang mempopulerkannya. Lantaran dia yang mempolurkannya dan banyak menyimpan bongkahan batu jenis tersebut dia mendapat julukan dari para pencinta batu yaitu si Pangeran Biru.

Zoem mengatakan batu ini langkah dan hanya ada di kecamatan lengkiti Baturaja Sumatera Selatan. Ditambahkannya lagi bahwa batu ini bukan jenis batu baru, sejak tahun 60-an batu ini sudah dikenal hanya saja karena jumlah tak sebanyak jenis batu lain yang bisa mencapai puluhan ton dalam satu bongkahan.

Dalam satu kali penggalian, paling besar batu akik ini mungkin hanya didapat sebesar kepalan tangan orang dewasa. Dari sekepalan bongkah batu mentah hanya sedikit batu akik Spiritus Baturaja kualitas super yang bisa didapat. Faktor ini pula yang membuat batu akik biru ini menjadi mahal di pasaran.

“Karena bahannya sedikit dan langka. Ini yang membuat batu akik ini menjadi istimewa,” tuturnya.

Zoem menuturkan, dirinya percaya bahwa warna biru dari batu akik ini mengeluarkan kewibaaan seseorang. Menurut pemilik galeri batu akik Gading Mas Gemstone ini, karena alasan itulah maka peminat batu akik ini kebanyakan berasal dari kalangan pejabat tinggi TNI, pejabat dan artis.

“Yang ngambil ke saya banyak TNI seperti jenderal, termasuk Dandim Baturaja sekarang. Kalau artis saya sering dikunjungi sama Narji, dia juga ambil ke saya, termasuk kemarin waktu pameran ambil di saya juga Charlie van Houten (ST12) sama Ki Daus,” tambahnya.

Untuk urusan harga memang batu ini terbilang mahal Zoem pernah menjual dengan harga mencapai 150 juta melalui Gading Mas Gemstone. Batu spritus tersebut sudah bewarna biru tua sehingga memang pantas dibanderol dengan harga seperti itu. Jadi tentu harga mahal tersebut bukan tanpa sebab Seperti istilah langit di atas langit, warna biru tua dengan kepekatan seperti oli pada batu akik ini berada diatas kualitas super. Karena baru dia yang menemukan, warna biru pada batu ini sengaja diberi nama sesuai dengan namanya, biru Zoem.

“Warna biru kualitas super ini macam-macam. Ada biru Spiritus, biru langit, biru tinta dan biru blau,” tuturnya.

Meski demikian, banyak pula batu Spiritus Baturaja kualitas super yang dijual di kisaran harga Rp 1 juta sampai Rp 10 juta. Itu pun kembali lagi kepada kualitasnya. Entah berapa banyak pameran yang diikutinya, dalam satu kali pameran, di Bandung contohnya, Zoem mengaku bisa memboyong seribu lebih koleksi cincin batu Spiritus Baturaja tersebut.

Sementara itu, dia mengaku memiliki lebih dari lima ton bongkahan batu Spiritus Baturaja ini di rumahnya. Maklum saja, barang tersebut banjir pesanan, sementara itu, pria yang mengawali karier sebagai pembuat bronjong batu dari Sumatera Selatan ini sempat menjadi satu-satunya ‘pemain’ sebelum batu ini menjadi tenar.

Dari bisnis ini, Zoem mengaku bukan hanya keuntungan materi yang didapatnya. Keuntungan sosial pun didapatnya. Sejak dia memberdayakan warga kecamatan Lengkiti untuk mencari batu jenis tersebut, kini perekonomian para warga ikut terbantu

 

1 Comment

Add a Comment
  1. PENGHASILAN ANDA PAS-PASAN dan anda tidak tahu harus bagaimana untuk meningkatkan kondisi finansial anda,maka sy minta anda dengarkan sy.

    1.stres
    2.butuh uang
    3.ingin buka usaha sendiri
    4.memiliki banyak hutang
    5.penghasilan tidak cukup
    6.selalu gagal setiap ada pekerjaan

    semua masalah bisa di atasi maka anda tepat sekali berada di sini,anda penasaran ingin tahu rahasianya?

    klik:
    http://mbahpunjul77.blogspot.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons