Batu Akik Sisik Naga Urat Emas asal Enrekang Sulawesi Selatan

Batu Akik Sisik Naga Urat Emas asal Enrekang Sulawesi Selatan saat ini banyak dicari para penggemar batu akik. Corak sisik dengan urat emas yang ada pada batuan tersebut sangat indah dan berwarna khas coklat keemasan. Entah siapa yang memberi nama Sisik Naga pada batu ini belum jelas mungkin karena coraknya yang seperti sisik itulah sehingga dijuluki batu Sisik Naga. Penemu batu Sisik Naga adalah seorang warga Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan bernama Imran yang justru bukan warga tempat ditemukannya batu Sisik Naga tersebut. Saat itu Imran sedang berlibur di daerah Duri Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Kecintaannya terhadap batu akik membuat Imran sengaja mendatangi sungai yang ada di daerah tersebut untuk mencari batu akik, dan secara tak terduga Imran menemukan batu yang sangat unik dengan urat emas dan seperti bentuk sisik ini. Imran sengaja merahasiakan tempat ditemukannya batu sisik naga tersebut karena ia khawatir akan diserbu oleh para pemburu batu dan akan membuat kerusakan lingkungan sehingga kehidupan warga setempat akan terganggu.
Urat yang mirip emas yang terdapat pada batu sisik naga belum diteliti secara laboratorium apakah memang memiliki kandungan emas atau hanya warnanya saja yang mirip dengan emas. Batu sisik naga termasuk dalam jenis septarian module atau dalam bahasa daerah disebut Batu Jala Sutra yang terbentuk selama ribuan tahun.  Dari sisi kesehatan septarian dapat digunakan untuk penyembuhan penyakit yang ada hubungannya dengan darah dan ginjal namun prosesnya seperti apa masih belum ada informasi yang jelas. Tingkat kekerasan batu sisik naga termasuk tinggi meski belum ada yang mengukurnya secara spesifik, namun menurut beberapa pengrajin kekerasan batuan septarian module memang berada diatas batu akik lainnya.

Dibandingkan dengan batu akik yang lebih dahulu dikenal luas harga batu sisik naga termasuk lumayan murah dari kisan 300 ribuan sampai jutaan rupiah tergantung dari ukuran batu. Harga tersebut biasanya akan melambung setelah batu sisik naga ini banyak peminatnya dan dikenal luas sebagaimana batu bacan yang fenomenal saat ini.

Ditemukannya batu akik sisik naga ini juga membawa berkah bagi masyarakat sekitar, hal ini terlihat dari antusiasnya masyarakat dalam pameran batu permata yang digelar UKM Kabupaten Pinrang dimana tiap daerah memamerkan batu khas masing-masing dan yang menjadi primadona adalah batu sisik naga ini. Fenomena masyarakat yang menyukai batu akik juga telah membuka lapangan kerja baru bagi penduduk sekitar yang beralih profesi menjadi pengrajin batu dengan omset yang lumayan bahkan boleh dibilang fantastis karena ada yang mengantongi jutaan rupiah dalam sehari.

Inilah informasi mengenai Batu Akik Sisik Naga Urat Emas asal Enrekang Sulawesi Selatan ini semoga bermanfaat untuk Anda dan menjadi warisan budaya bangsa dengan ragam aneka batu mulia yang tersebar dari Sabang sampai Marauke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons