BATU AKIK TERATAI WARNA HITAM ASAL JAMBI SEMAKIN LARIS DAN NAIK HARGA

Batu akik teratai yang berasal dari Jambi kini kian diminati. Batu akik teratai ini memang memiliki motif yang sangat indah karena setiap batu itu ada motif mirip bunga pucuk teratai. Dalam setiap batu tersebut juga berbagai warnanya, ada warna kuning, hitam, merah, dan putih. Belum ada penelitian terkait motif bunga teratai tersebut bagaiman alam membentuknya namun banyak warga memperkirakan bahwa motif tersebut terbentuk karena tetesan aih hujan yang cukup lama.

Edi salah warga Jambi bersama istrinya sibuk melayani pemesanan batu akik teratai. Batu akik teratai yang di pesan masyarakat tersebut juga di jualnya dengan membuka lapak dari suatu daerah ke daerah lain. Dan untuk saat ini mereka membuka lapak yang cukup jauh yaitu kedaerah Padang Sumatera Barat dan dalam waktu dekat juga akan mengirimkan batu pesanannya ke daerah Dumai Riau.

Untuk daerah yang di anggap cukup jauh dia melayani pemesanan dengan pengiriman paket. Edi sangat senang dengan banyaknya peminat batu akik teratai ini. Dia mengaku tak sukar untuk mencari batu akik motif teratai di jambi karena tidak seperti di daerah lain banyak pemburu batu mencari batu di sungai atau bukit-bukit tetapi mereka cukup mencari dikebun-kebun saja.

Untuk kisaran harga Edi mengaku menjual dengan harga murah saja. “Kalau yang besar selebar telapak tangan dewasa harganya Rp50 ribu kalau yang kecil itu harganya Rp30 ribu,” ujarnya. Dan jika dijual berdasarkan berat, kalau teratai putih dan kuning 1 kilogram harganya Rp150 ribu dan sedangkan yang sering diburu orang adalah batu teratai hitam harga sedikit lebih mahal yaitu dengan kisaran 200 ribu perkilogram bahkan bisa lebih mahal lagi tergantung motifnya juga. Dan tidak menutup kemungkinan Edi mengatakan bahwa batu akik teratai hitam ini akan semakin diburu dan harganya tentu akan naik.

Edi juga mengaku bangga jika batu akik teratai asal daerahnya tersebut terus diminati orang, dia mengatakan “memperkenalkan kekhasan daerah itu sendiri tentu bangga lah apalagi saat ini lagi booming-boomingnya batu akik, Seperti daerah-daerah lain yang memiliki khas batu akik masing-masing yang begitu terkenal, Jambi juga punya batu akik teratainya terbukti saat ini banyak juga peminatnya”.

Comments

Add a Comment
  1. bagus batunya, boleh tau alamat atau telp pak edi? yng ada dalam ulasan di atas

  2. bisa minta nomer hp nya gan… trims

  3. bleh minta no hpnya adi

  4. nomor telpon pak edi brapa y?

  5. tolong kasih tau y nomor tlp pak edi,saya ingin pesen batu akik teratainya

  6. saya sudah pesan sama teman yang kayak gitu tapi mata satu,,, keren broo,,,,,, yang mau berteman gabung aja di pin bb 2B9F0597

  7. Mudah2an sampai agan semua baca teratai hitam ane masih ada ” spec : kurang lebih sepuluh kg bahan tunggal monggo …

  8. Hub ane via telp : 081318010510 diutamakan silaturahmi langsung ( cod )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons