ILHAM ANAK SMP ASAL ENREKANG DAPAT 5 JUTA DARI MENJUAL BATU AKIK SISIK NAGA

Batu sisik naga yang memiliki corak dan warna yang unik dan beragam atau septarian nodule asal Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan kini semakin diburu para gemlovers atau juga para kolektor batu akik. Tidak hanya orang dewasa yang mencari, Anak-anak pun ikut mencari batu sisik naga untuk dijual, agar bisa membantu biaya sekolah. Namun untuk mendapatkan bongkahan batu sisik naga ini mereka harus berjuang karena sama seperti orang dewasa, anak-anak pun harus rela menelusuri sungai yang deras, melawati persawahan dan jalan terjal, untuk mendapatkan bongkahan batu sisik naga.

Namun dari hasil perjuangan mereka tersebut memang mendapat keuntungan yang luar biasa hasil penemuan batu akik tersebut mereka kumpulkan dan siap mereka jual dan hasilnya sungguh luar biasa. Untuk seusia anak-anak saja sudah dapat mengantongi uang dari 500 ribuan bahkan jutaan hasil dari penjualan batu tersebut.  Salah satu anak dari para petani yang turut mencari bongkahan batu akik sisik naga adalah Ilham yang masih duduk dibangku SMP  di Kecamatan Baraka, kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Batu yang telah ia kumpulkan sudah banyak dan untuk harga para agen atau pengumpul menghargai 100 ribu untuk satu kilo batu akik sisik naga tersebut.

Hasil dari penjualan batu akik sisik naga tersebut terbilang lumayan saat ini Ilham sudah dapat Rp 5 juta dari hasil menjual batu sisik naga. Ia mengaku hasil uang ini bisa membantu orang tuanya dan juga untuk biaya sekolahnya.

Sejak batu sisik naga mulai dikenal dan diminati orang memang batu yang banyak di temui di daerah enrekang ini kini sudah menjadi primadona. Sehingga jelas tarap perekonomian untuk warga Enrekang pun mulai naik. Batu sisik naga tersebut sudah di pakai oleh para pejabat dan pemimpin provinsi sebut saja ada Aher dan Dedi Mizwar gubernur dan wakil gubernur Provinsi Jawa Barat. Karena saat perayaan ulang tahun polisi pamong praja kemarin mereka mendapat hadiah kenang-kenangan dari Satpol PP batu akik sisik naga dan tentu menjadi koleksi cincin yang cukup beharga bagi mereka.

gubernur-aher-pakai-cincin-akik

sisik naga

batu-sisik-naga-tembaga

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons