TUKANG PARKIR BERALIH PROFESI JADI PENGASAH BATU AKIK

Tren batu akik bukan hanya memberikan keuntungan berlimpah bagi penjualnya, tapi juga para pengasahnya. Bahkan, kini bermunculan para pengasah akik dadakan.

Karena tergiur akan keuntungan yang besar, ada tukang parkir yang alih profesi menjadi tukang gosok batu akik, seperti Rudi, warga Kampung Baru, Balikpapan Barat.

Beberapa bulan lalu ia hanya tukang parkir di kawasan pertokoan Plaza Kebun Sayur. Namun karena sedang tren batu akik, ia bekerja di toko temannya di Pasar Inpres Kebun Sayur sebagai tukang gosok batu. Ongkos gosok bongkahan batu menjadi satu batu akik adalah Rp 50 ribu. Tapi dalam satu hari, ia sanggup menggosok 15 batu. “Alhamdulillah, karena penghasilannya selama ini sebagai juru parkir tidak menentu dan hasil yang di dapat berbading jauh dari penghasilan saya seteh beralih menjadi pengosok batu akik. Mudahan – mudahan batu akik ramai terus,” ujarnya.

Fenomena serupa juga terjadi di Samarinda. Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) penjual dan pengasah batu akik di Pasar Pagi, Jalan Yos Soedarso, Samarinda, tiap hari diserbu pengunjung. Ada yang membeli, sekadar melihat-melihat, memotong batu akik, hingga warga yang ingin menjual batu akik miliknya.

Siang kemarin, Akbar terlihat sibuk mengasah sebutir batu berwarna cokelat. Batu tersebut direkatkan di sepotong kayu berukuran sekitar 10 cm. “Mengasah satu batu bisa memakan waktu satu sampai dua jam. Tergantung batunya. Kalau keropos dan berlubang, mengasahnya juga agak lama,” kata Akbar.

Dalam sehari, Akbar bisa mengasah sebanyak lima batu, dengan ongkos per batunya Rp 50.000 itu merupakan harga paling murah dengan semua tingkatan kesulitannya..

Batu akik banyak merubah nasib orang-orang kecil dengan begitu cepat dikarnakan harga batu akik awalnya Cuma biasa-biasa saja sekarang menjadi barang Mahal yang bisa mencapai harga ratusan juta hingga miliaran rupiah dan itu bisa di dapat dalam waktu 1 hari. Yang awalnya penghasilan sehari-hari Cuma puluhan ribu hingga ratusan ribu sekarang berubah total bak tertimpah durian runtuh, bisa memperoleh jutahan hingga puluhan juta bahkan bisa lebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons