BATU PIRUS LAZULI KHAS TULUNGAGUNG MEMILIKI KEUNIKAN KOMBINASI WARNA

Mungkin belum banyak dikenal masyarakat pencinta batu mulia jenis Batu Pirus lazuli . Batu ini  ditambang di kawasan pegunungan Pangungkuni, Kecamatan Pucanglaban ini, batu ini mempunyai keunikan yang berbeda atau tidak dimiliki oleh batu mulia lain. Untuk penamaan batu ini di ambil dari  kandungan materi dalam batu tersebut dan warna batu hijau Pirus atau turquoise dan biru Lazuli. Sebelumnya masyarakat sudah banyak tahu bahwa Tulungagung dikenal sebagai kota marmer, namun masyarakat tidak banyak yang tahu bahwa Tulungagung mempunyai batu mulia yang tak kalah indah dengan batu Bacan, Giok maupun batu-batu indah lainnya.

Menurut sumbernya batu Pirus Lazuli ini, pertama kali diolah Agus Setiana, seorang perajin batu mulia warga Desa Panjerejo, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung. Saat Agus mencari batu di pegunungan Pangungkuni dia tidak menyangka batu yang di temukannya tersebut memiliki warna yang bagus dan setelah ia asah dan dibentuk batu cincin terlihat sekali keindahan dari batu tersebut. Agus mengatakan batu ini sangat unik karena kombinasi warnanya sungguh luar biasa tak salah kini batu ini sangat di buru para kolektor batu.

Untuk kualitas batu Pirus Lazuli ini memiliki tingkatan sendiri. untuk kualitas 1 tentunya cara mengasahnya harus benar karena jangan sampai warnanya tidak terkoombinasi atau hanya satu warna saja karena untuk kualitas 1 tentu harus terdapat dua warna yang dominan yaitu hajau dan biru. Sedangkan jika saat di olah atau di asah dan tidak beruntung mendapat kedua kombinasi warna atau hanya satu warna saja maka kualitasnya bisa turun menjadi kualitas 2 bahkan tiga dan tentu harganya juga tak sesuai harapan.

Untuk kisaran harga batu Pirus Lazuli yang telah mengkilap dan tampak urat batunya serta memiliki kombinasi warna yang bagus harganya bisa mencapai 1,5 juta dan untuk kualitas dibawahnya berkisar dari 700 ribu hingga 1 juta.

Batu ini di anggap sebagian orang memang unik, dan Agus pun yakin bahwa batu ini akan menjadi batu khas dari kabupaten Tulungagung dan Agus juga yakin batu ini akan banyak dikenal dan di minati lagi secara luas oleh para pecinta batu akik.

092649_pirus1

batu pirus lazuli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons