BATU GIOK ACEH 20 TON DI PINDAHKAN KERUMAH DPRK H KELIMAH, KETUA DPRK KABUPATEN NAGAN RAYA

Bicara soal batu akik untuk saat ini sungguh tidak pernah habisnya, semua orang dari anak-anak, dewasa pria maupun wanita sudah tergila-gila dengan bermacam-macam batu akik. Namun berita yang baru-baru ini sedang heboh yang menguak tentang batu akik adalah dimana telah ditemukan batu Giok Aceh seberat 20 ton pada bulan lalu yang berada di hutang lindung Desa Pante Ara, Kecamatan Beutong Ateuh oleh warga pencari batu. Berita ini sontak muncul di layar kaca dan media online. Batu Giok Aceh yang termasuk batu akik memang di perhitungkan karena kecantikan, dan kualitas serta harganya yang juga fantastis dan saat ini sedang diburu para kolektor dan juga pencari batu.

Penemuan batu Giok Aceh yang sungguh luar biasa itu cepat di amankan. Batu yang ditemukan tersebut kini di amankan Pemerintahan setempat yang dibantukan oleh pasukan Brimob dan TNI. Hingga Rabu (25/2/2015), Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Nagan Raya telah memotong dan memindahkan bagian batu sebesar 5 dari 20 ton keseluruhan batu tersebut.

“Selama empat hari kerja, 5 ton giok sudah kita potong dan pindahkan dari hutan lindung tempat penemuan awal,” kata Samsul Kamal, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi, saat dihubungi.

Menurut Samsul, 5 ton batu giok yang sudah dipotong dan dipindahkan dari hutan lindung itu kini sedang dibawa ke gudang sementara di rumah H Kelimah, Ketua DPRK Kabupaten Nagan Raya, untuk diamankan.

“Sekarang batunya sedang dalam perjalanan menuju rumah Ketua DPRK di Desa Blang Ara, Kecamatan Suka Makmue, untuk disimpan sementara,” katanya.

Samsul menambahkan, proses pemotongan dan pemindahan batu giok 20 ton yang ditaksir senilai Rp 30 miliar itu dikawal aparat gabungan dari Brimob dan TNI. Diperkirakan, prosesnya akan berlangsung hingga 15 hari.

“Di lokasi, masih ada pengawalan dari anggota Brimob 10 orang dan TNI 10 orang. Lima ton hasil yang sudah kita potong dan pindahkan ini kualitasnya ada jenis indocres, neon, dan solar, tapi belum dapat yang supernya karena belum sampai ke inti batu. Ini masih kulitnya,” ungkap Samsul.

batu giok aceh 20 ton (3)

batu giok aceh 20 ton (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons