Dolar hajar Rupiah Rp 12.800, Jokowi: Saya Baru 3 Bulan Lho (komentar pembaca detik.com)

Nilai tukar dollar semakin menjadi. Bahkan pada hari ini dollar menembus angka  Rp 12.800. Angka ini terus merangkak naik. Presiden Jokowi dalam menanggapi hal ini mengaku, butuh waktu untuk memperkuat nilai tukar rupiah terhadap dolar.

“Tapi ini kan memerlukan waktu, saya ini baru 3 bulan lebih sedikit lho,” kata Jokowi pada acara Food Security Summit 2015, di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (12/2/2015) melalui detik.com.

Dia melanjutkan, pelemahan rupiah saat ini lebih banyak dipicu faktor eksternal. Harga minyak dunia yang melemah memicu menguatnya nilai tukar dolar.

“Ini faktor eksternal, sekarang ini paling mempengaruhi. Jadi faktor eksternal baik yang berkaitan harga minyak terus turun, semuanya berpengaruh faktor eksternal,” sebutnya.

Meski rupiah melemah, Jokowi menyebut, kondisi perekonomian Indonesia masih dalam batas-batas normal. Pemerintah masih mampu mengontrol pergerakan inflasi hingga neraca perdagangan.

rupiah

Berikut ini komentar pembaca detik.com

  • Dulu infonya klo jd presiden dolar bisa dibawah 10rbu???? Manaaaaaaaa buktinyaaaa
  • Justru itu pak. Baru 3 bulan aja tendensinya melemah terus. Gimana klo 5 tahun?
  • Baru tiga bulan trus apa kerjanya? Cuma blususkan sampai busuk?
  • ga ngerti dollar, di indonesia kan rupiah…………….
  • payah nih presiden ngelesssss terusssss…lebih baik mundur kalo gak mampu…banyak pencitraan hasil jadi begini nih….gak becus urus negara.
  • Udah 3 bulan trus bapak kapan TURUN?
  • Lha kalo setelah setahun jd Presiden,US Dollar tetap 12.000 an turun tahta ya? gimana, adil gak?
  • Nanti kalo udah 1 tahun…jawaban nya BUKAN URUSAN SAYA…
  • Sebenarnya bukan mata uang dunia yang melemah terhadap USD, tapi USD yang bergerak menguat terus. Secara teori, daya tukar mata-uang antar negara-negara lain tidak akan berubah terlalu banyak, karena semua negara mengalami pelemahan pada mata uang masing-masing.
    Contoh mata uang dunia semua melemah terhadap USD, dari pertengahan tahun lalu: AUD melemah 22%, Euro 17%, Ringgit Malaysia 14%, SGD 9%, Rupiah 9%, Rubel Rusia 75% .
  • yaa, tapi IDR melemah juga terhadap mata uang selain USD. bagaimana tuh teori ente?
  • betul bro…tp minimal ada usaha dari pemerintah mereka utk menjaga stabilitas moneter mereka, kalo presiden kita bisanya cuma blusukan sama hukum mati narkoba aja.
  • hahahaha….senengnya ngeles kaya bajaj
  • KIra-kira presiden kita ngerti keuangan negara ga yah….. ngeri-ngeri sedap
  • alangkah baiknya pak presiden tidak terlalu sering muncul di media dengan statement2 yang kontroversial, lebih elegan kalo ditahan dulu, biarkan menteri-menteri terkait yang memberikan jawaban atas pertanyaan2 wartawan…yg jelas ada satu moment khusus dimana pak presiden harus berbicara karena satu permasalahan tetapi bukan berarti harus berkomentar terhadap setiap gejolak ataupun permasalahan..sehingga kewibawaan bapak presiden sebagai seorang “leader” dapat terjaga dengan baik dan benar!
  • BJ Habibie dalam 3 bln bisa menurunkan dolar dr 16000 mjd 6500. Emang presiden ga becus
  • ini baru komparasi maknyus. presiden sebelumnya bisa, presiden yg skrg bisanya cuman “ngeles”. makan tuh salam gigitjari.
  • Setutju banget tuh…..presiden gak punya pikiran
  • Jawaban tidak pernah menunjukkan mau bertanggung jawab, waktu yang disalahin
  • Lha baru 3 bln saja dollar sdh naik dari 12.200 jadi 12.800 apalagi bertahun2 ya…???
  • Justru 3 ,,bulan buatlah KETEGASAN KEBIJAKAN TERMASUK KETEGASAN MASALAH POLRI-KPK, JGN SAMPAI RUPIAH MELEMAH TERUS.
  • dolar naik baru kerja 3 bln dolar turun jokowi effeck…gitu aja koh repot
  • aku ra popo, aku raiso opo-opo hahaha
  • Tepok tangan buat pak presiden.. *sambil nguap
  • br 3bulan aja udah segitu, gmn kl udah 1thn atawa 5thn? bs $1=100rb
  • Seharusnya jangan presiden dan pemerintahaannya yang disalahkan tapi DPR dan partai partai politik serta lembaga penegak hukum juga ikut salah karena membuat negara tidak kondusif.
  • Yah..ngeles lagi…
  • Presiden seperti karayan lagi dalam masa percobaan 3 bulan, weleh weleh
  • seperti ada yg ditutupi. khawatir jadi bom waktu
  • Dari 3 bulan jadi Presiden, setengahnya sibuk dipake untuk ngurusin KPK-Polri-PDIP. Jadi maklum lah kalo belum sempet ngurusin hal2 lain yg lebih penting BUAT rakyat.
  • Br tiga bulan .. .. Tiga tahun???? Bs2 100rb
  • baru 3 bln…bgmn kl setahun dst ada jaminan bakal menguat gk pak lek
  • nah itu dia…baru 3 bulan saja makin kacau,politik hukum amburadul!!!
  • Kpk-polri gk kelar2 tembus 13rb
  • Ngemeng.. bisa apa emangnya.. Bohong, Ngeles.. Buai sama janji.. Bodo bgt rakyat yg percaya petugas partai..
  • Baru 3 bulan saja, sudah 12800..
  • Tapi ketika dolar dan IHSG menguat itu karena jokowi jadi presiden. Meskipun waktu itu belum 1 bulan.
  • iya nanti kalo udh 5thn 15rb…
  • Bags om Wiwi.. teruskan sampe 20rb.. top..
  • Iya kalo udah 3 taon dolar nya Rp 20.000….
  • kenapa jawaban seorang presiden yang satu ini selalu tidak kompeten, kaya lari dari msalah dan seolah2 tidak mau disalahkan, harusnya seorang presiden itu jawabannya yang tegas dan selalu bertanggung jawab, mungkin memang kerja dia bisanya cuma blusukan, baru ketahuan aslinya masih dibawah standar banget
  • @Lanez Lalu menurut anda masalahnya apa?
  • Mana buktinya kalau Jkw presiden rupiah menguat????….

2 Comments

Add a Comment
  1. saat orang tanya satu ringgit berapa rupiah “disitu kadang saya merasa sedih”

  2. Haduh pak Jokowiwiwiwiw, kalo ga bisa jadi presiden sadar diri donk mundur baik2 jangan maksain, MALU2in lho!! kasian rakyat pak!!!! MIKIR pake OTAK dong pak. Duh…rakyat makin menderita pak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons