BATU KECUBUNG, BATU AKIK ISTIMEWA DARI KALIMANTAN

Batu kecubung mulai menunjukkan pamornya. Penyuka batu ini bukan hanya berasal dari Kalimantan, namun juga dari berbagai provinsi lain seperti Jawa dan Sumatera. Pangkalan Bun adalah kawasan yang paling banyak menjual batu akik. Bahkan harganya bisa berharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Mengapa batu kecubung begitu dicari? Hal ini karena keistimewaan batu akik yang berwarna ungu ini. Bahkan Kecubung yang warna ungu memang mendominasi di Pangkalan Bun. Ada juga kecubung warna hitam, juga bening yang disebut kecubung air.

Bahkan batu akik jenis kecubung ini sudah masuk ke dalam standar batu internasion yang mensejajarkan batu kecubung dengan batu mewah lainnya seperti Diamond, Ruby, Aquamarine dan Blue Topaz.
Selain harganya juga sudah mahal, kecubung juga menjadi target buruan dari kalangan, pejabat hingga orang dari luar negeri.

“Kecubung memiliki karakter kekuatan 7 sebagai kristal alam. Sedang untuk batu-batu lain di Indonesia, masih di bawah 5. Hal itulah yang menjadi kelebihan Kecubung, apalagi diyakinkan sebagai kristal alam asli. Jadi, bukan semi kristal,” ucap Hengky (55) seperti yang dilansir NonStop (Grup JPNN.com)

“Batu Kecubung itu lumayan mahal. Kalau yang kecil saja harganya di atas Rp 1 juta. Pendapatan dalam sehari, tidak tentu sih. Tapi kalau dirata-ratakan bisa mencapai Rp 10 jutaan,” ucapnya.

batu kecubung 2 batu kecubung batu-kecubung batu akik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons