Batu klawing, batu akik cantik dari Purbalingga

Batu akik yang berasal dari Sungai Klawing, Purbalingga, Jawa Tengah menjadi buruan bagi penggemar batu. Bahkan Bupati Purbalingga; Sukentho Ridho Marhaendrianto, Kamis, 29 Januari 2015 mengimbau pegawai negeri memakai akik dari Sungai Klawing.

Batu yang berasal dari sungai klawing ini dinamai Batu Klawing. Btu ini berasal dari Sungai Klawing. Warna batu ini sangat khas sekali dan hanya bisa ditemui di daerah Purbalingga.

Beberapa motif batu klawing yang dikenal antaranya adalah telor kodok yang dikenal ocean jasper, sedangkan yang bermotif sisik naga di Spanyol dinamai Imperial Jasper.

Cukup mengejutkan jika dikatakan bahwa omset penjualan batu klawing ini bisa mencapai 50 juta rupiah. Hal ini mengakibatkan batu jenis ini terus diburu yang mengakibatkan kerusakan pada dinding bukit Curug Aul, Desa Tanalum, Kecamatan Rembang, Purbalingga. Dinding bukit bolong-bolong karena dicongkel menggunakan linggis.

Jpeg

batu klawing akik

batu klawing klawing

batu-klawing

Comments

Add a Comment
  1. Sangat indah di pandang hanya semoga tidak sampai niban kepala atau mata lalu pandangan jadi berkunang-kunang…

  2. Mantap surantap..yang penting jangan kayak gelombang cinta hanya permainan pasar saja.. Mudah2an bisa menjadi aikon kota purbalingga.

  3. Purbalingga memang moyyyyyyyyy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons