MANCING IKAN LELE DI RAWA

Ikan lele aktif pada malam hari sehingga ikan ini akan lebih mudah ditangkap pada malam hari. Karena mancing ikan lele di rawa harus malam hari, maka disarankan untuk membawa senter sebagai alat penerangan. Sebelum mancing, ada baiknya di survey dulu tempat mancing ikan lele di rawa siang hari sebelum mancing malam harinya.

Umpan mancing ikan lele di rawa ini adalah:

  • Cacing,
  • Orong-orong (anjing tanah)
  • atau pun lipas (kecoa tanah).

Bagi yang tidak suka tangannya kotor lebih baik memilih umpan lipas saja, kalau orong-orong agak susah didapat.

Jika mancing ikan lele di rawa dilakukan malam hari tentu perlu peralatan pancing lain seperti senter, namun saat mancing usahakan tidak menyalakan senter ke arah air karena menyebabkan ikan lele sembunyi.

Selain itu mungkin dibutuhkan starlight alias alat pendar cahaya yang dipasang di ujung joran pancing sebagai penanda kalau pancing sudah dimakan ikan. Bisa juga menggunakan alat dering atau bunyi-bunyian sebagai penanda. Selain dengan pancing biasa, memancing lele juga bisa dilakukan dengan memasang tajur, yaitu sejenis pancing dengan joran pendek yang dibiarkan beberapa lama. Dalam waktu tertentu tajur tersebut dilihat apakah sudah dimakan ikan atau belum.

Untuk memacing ikan ini sebenarnya tidak memerlukan teknik khusus dan mudah dipancing, hanya saja kebanyakan pemancing tidak suka memancing di malam hari. Ikan lele liar (rawa) memiliki daging yang lebih padat dari pada jenis lele dumbo ataupu jenis lele lainnya yang sudah biasa dibudidayakan.

ikan lele

mancing ikan lele di rawa

Updated: June 26, 2015 — 12:32 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons