Coretan tangan Indonesia di tembok cina

Tembok besar Cina  ternyata juga tidak lepas dari perlakuan vandalisme. Tembok cina yang sudah tersohor kemegahannya ternya mempunyai masalah yang sama seperti bangunan-bangunan kuno lainnya.

Hal ini diceritakan oleh wartawan detik.com yang berkunjung ke tembok besar Cina. Saat mereka sedang mendaki dari pintu masuk Badaling, betapa terkejutnya mereka mendapati tulisan Indonesia pada salah satu sisi tembok tersebut.
Yang disayangkan adalah, coretan menggunakan spidol hitam ini sangat mencolok sekali dan kelihatan dari jarak dua meter saja. Disitu ada tulisan tanggal 2010-09-05′ dan dibawah kata ‘Indonesia’ terlihat pula nama orang tersebut dan asal kotanya, ‘Samarinda’. Tepat di sudut kiri atas coretan itu juga terlihat nama-nama dan kota Indonesia lagi. Aduhh…

Memang ada kepuasan tersendiri bila sudah mengunjungi landmark yang satu ini. Tapi bukan berarti kita bisa seenaknya mengabadikan nama atau asal negara dengan menulisnya di tembok. Yang pastinya, kebiasaan yang sering kamu lakukan saat berkunjung ke tempat wisata dengan mengukir maupun mencoret-coret pohon atau batu harus sudah mulai dihentikan karena itu hanya akan membawa kebiasaan buruk pada diri kita.

104918_1coretan

Updated: January 16, 2015 — 2:14 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons