FOTO KETUA KPK DAN PUTRI INDONESIA MURNI REKAYASA

Foto Putri Indonesia dan Ketua KPK adalah editan
Pakar Fotografi meyakini jika foto tersebut palsu melalui teknik digital imaging. Hal ini diyakini oleh Yunaidi Juput melalui akun twitternya @yunaidijoepoet yang menjelaskan bahwa kedua foto ini mempunyai perbandingan kolase berbeda, yang kemudian diubah menjadi hanya bentuk tekstur gambar. Foto pertama diambil dari akun Instagram Puteri Indonesia yang dikaitkan namanya dengan Samad, Elvira Devinamira, sedangkan foto kedua adalah foto Samad dan Elvira yang beredar saat ini.

Fotografer travel itu menyebutkan, jika gambar kolase tanpa edit (foto pertama) memiliki tekstur garis tepi yang berbeda secara signifikan dengan gambar kolase Samad dan Elvira.
“Kualitas file foto yang dihasilkan cukup buruk. Saya berasumsi, editor sengaja menurunkan kualitas file supaya sulit diidentifikasi. Foto berupa kolase dengan ukuran sangat kecil yg dimodifikasi dengan Photoshop CS 3,” tweetnya.

Pendapat kedua dikatakan oleh Sekjen Forum Akademisi IT (FAIT), Janner Simarmata menilai, foto mesra Ketua KPK Abraham Samad dan pemenang salah satu kontes kecantikan, merupakan hasil rekayasa. Foto yang beredar tersebut diedit dengan menggunakan keahlian khusus.

“Memang dengan kecanggihan teknologi saat ini, semuanya bisa lebih mudah, bahkan dalam hal merekayasa. Sebenarnya untuk melakukan pembuktian terhadap keaslian foto, bisa kita lakukan dengan cara pengamatan secara visual dan metode ini. Sudah dapat dipastikan bahwa foto Abraham Samad adalah hasil dari sebuah rekayasa,” ujar Janner, Rabu (14/1/2015) kepada okezone.com.
“Sangat disayangkan keahlian yang dimiliki digunakan untuk melakukan hal-hal yang tidak baik,” ucapnya.

“Jika seseorang menggunakan komputer atau bagian dari jaringan komputer tanpa seizin yang berhak, ini dapat digolongkan sebagai kejahatan di dunia maya. Proses hukum terhadap pelaku tindak pidana rekayasa foto, dapat dijerat Pasal 72 angka 5 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta dan Pasal 27 ayat 1, Pasal 35 ayat 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008, tentang Informasi dan Teknologi Elektronik,” ungkapnya.

foto ketua kpk putri indonesia (2)

foto ketua kpk putri indonesia (1)

Updated: August 15, 2015 — 3:58 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons