FOTO MESRA ABRAHAM SAMAD ITU ASLI?

Tersebarnya foto mesra yang mirip dengan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad menghebohkan masyarakat . Berbagai tanggapan bermunculan perihal foto Abraham bersama dengan wanita cantik salah satu pemenang kontes kecantikan itu.

Pakar Telematika mengatakan, butuh waktu untuk mengetahui kebenaran dari foto tersebut. Sebab, saat ini banyak aplikasi yang memungkinkan rekayasa terhadap foto. Berikut Pendapat beberapa pakar:

1. Alfons Tanujaya (sumber: harianterbit.com)

“Dari sisi photoshop, foto tersebut asli. Maksudnya asli itu beneran foto berdua,” kata Alfons, Rabu (14/1/2015).

Alfons menjelaskan, jika foto tersebut hasil cropping, maka akan terlihat jelas antara contrast maupun shadow-nya. “Namun ini terlihat sinkron dan konsisten Kemungkinan fotonya sih asli dan bukan editan photoshop,” urainya.

“Dan bukan dua foto yang berbeda. Kalau dua foto berbeda di fotokopi itu kelihatan di contrast shadow dan background-nya. Jika dua foto berbeda di fotoshop itu kelihatan di contrast shadow dan background-nya beda,” lanjutnya.

Alfons menambahkan, untuk melacak siapa pelaku yang menyebarkan foto melalui email wijayantiandini@yahoo.co.id, KPK seharusnya meminta ke Yahoo untuk melacak akun tersebut.

“Trace IP addresnya, karena nama wijayanti dipastikan nama samaran,” terangnya.

2. Agan Harahap (sumber: kapanlagi.com)

Agan Harahap yang kerap kali melakukan edit foto yang mirip dengan asli di Twitternya akhirnya angkat bicara.

“Foto yang beredar itu asli, tapi gue nggak tahu apa itu Abraham Samad atau bukan. Gue bisa pastikan foto itu asli karena resolusinya kecil. Karena foto bakalan gampang diedit kalau resolusinya besar. Foto itu kayaknya diambil pakai kamera HP resolusi rendah, ” papar mantan fotografer majalah musik dan gaya hidup kala dihubungi Merdeka hari Rabu (14/1).

Jika Agan menyebutkan foto itu asli, maka KPK dan Samad justru membantahnya. Melalui Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto, KPK sudah meneliti foto yang beredar dan memastikan jika itu adalah foto hasil editan. Senada dengan Bambang, Samad pun menganggap beredarnya foto itu hanyalah untuk menjatuhkan dirinya.

3. Roy Suryo (sumber: okezone.com)

Roy menyatakan, harus dilakukan analisa lebih lanjut dalam kasus ini. Salah satunya adalah dengan sumber yang akurat. Menurutnya, kesulitan analisa ini, disebabkan oleh foto berupa kolase gabungan.

“Tidak boleh Analisa hanya berdasarkan sumber yang tidak benar, harus menggunakan sumber akurat,” tegasnya.

Kendati demikian, Roy mengaku telah mendengar kabar tersebut. Dia mendapatkan pesan elektronik berantai dari akun tidak dikenal. Menurutnya sumber pesan elektronik tersebut tidak cukup akurat.

 

foto mesra abraham samad

Updated: January 14, 2015 — 3:45 pm

Comments

Add a Comment
  1. cita citata kamu emang cantik yapi sayang penampilan kamu kurang seksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons