MOTOR YAMAHA MIO M3 125; FITUR DAN SPESIFIKASI

Motor Yamaha Mio M3 125 Blue Core. Memang dengan menggunakan transmisi otomatis pada motor skutik ditambah dengan inovasi-inovasi terbaru membuat Yamaha Blue Core ini mudah dipakai untuk semua kalangan. Dengan makin populernya motor bertransmisi otomatis ini kebutuhan kapasitas mesin pun meningkat mengingat dengan besarnya kapasitas mesin akan meningkatkan kecepatan motor itu sendiri Lalu apakah yang menarik dari Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini?

Motor Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini sedianya baru akan resmi di launching pada pertengahan sampai akhir Desember 2014 ini. Namun Yamaha sudah melakukan pengenalan skutik terbaru mereka dengan cara bertahap mulai dari memperlihatkan headlamp dan sebagian sisinya.

Dengan menggendong “Engine” berkapasitas 125 cc disertai dengan inovasi mesin dan teknologi pun akan menambah keanekaragaman motor matik di Indonesia. Bagaimanakah teknologi Blue Core yang rencanya akan dipasang pada motor skutik ini?

Kesan pertama kami sebelum melakukan test ride Yamaha New Mio M3 125 Blue Core adalah mengagumi desain body yang gagah, desain yang lebih sporty sehingga terlihat mewah. Bicara disain bodi, Yamaha banyak memperlihatkan sudut-sudut tajam dengan desain M-concept. Desain ini terlihat pada bentuk lampu senja hingga behel, desain seperti ini sangat pas dengan target konsumen Yamaha New Mio M3 125 Blue Core, yakni yang laki-laki atau perempuan berusia 17 sampai 25 tahun. Selanjutnya kami duduk di jok yang panjangnya 69 cm, jok terasa lebar, empuk, dan nyaman ketika diduduki sehingga semakin membuat kami lebih nyaman diatasnya, dan kesan nyaman juga kami rasakan selama berkendara di jalan raya.

Melirik panel spidometer yang terlihat mewah, terdapat ECO LAMP INDICATOR yang akan menyala ketika pengendara mampu melaju dengan kecepatan konstan antara kecepatan 20 km – 70 km / jam. Ketika pengendara mampu berkendara pada kondisi tersebut, konsumsi BBM akan lebih hemat hingga 60%, bahkan bisa lebih hemat lagi.  Fitur canggih ini menjadikan New Mio M3125 sebagai skutik pertama Yamaha yang mendapat fitur lampu indikator ECO.

Dengan mesin 125cc, 4-tak, yang berpendingin udara, motor ini tetap mengeluarkan suara yang sangat halus, tarikan awal skutik berteknologi Blue Core ini juga terasa lebih responsif dibanding Mio J dan Mio GT. Dengan rute test ride kemarin yang terbatas membuat kami tak bisa mengembangkan kecepatan dan menyalakan indikator ECO di spidometer secara konstan, karena pada saat kami melakukan test ride di jalan raya, bersamaan dengan jam-jam sibuk sehingga banyak kemacetan disepanjang rute yang kami lewati.

Motor Yamaha Mio M3 125 (4)
Kesimpulannya menurut kami adalah, meskipun dengan rute terbatas kami tetap merasakan kenyamanan berkendara dengan New Mio M3 125, mulai dari duduk di jok yang lebar dan empuk, tarikan gas yang lebih responsif, dan tarikan hadle rem yang ringan. Dengan kondisi jalan raya yang kami lewati ayunan sokbreker skutik ini masih mantap saat berkendara sendiri, apalagi dibuat boncengan, ayunan sokbreker masih terasa lebih mantap dan terasa lembut.

Ketika ada jalan berlubang yang sengaja tidak kami hindari, ayunan sokbreker juga masih terasa mengayun dengan lembut dan tidak keras. Tapi sayang, kami belum merasakan kehandalan Yamaha New Mio M3 125 Blue Core ini di jalan yang menanjak, tikungan maupun turunan yang tajam. Dalam test ride kemarin konsumsi BBM Yamaha New Mio M3 Blue Core rata-rata mencapai 66 km / liter, konsumsi BBM paling irit mampu menyentuh angka 77 km / liter dan paling boros 55,9 km / liter.

Mesin
Dengan mesin 125cc skutik terbaru Yamaha ini memiliki tenaga maksimal sebesar 9,52 PS pada 8.000 rpm, dan torsi maksimal 9,6 Nm pada 5.500 rpm. Berat mesin ini sendiri yakni 32,6 kg, motor ini memiliki pendingin udara dan menggunakan settingan CVT terbaru. Berkat penggunaan mesin Blue Core, berat mesin diklaim menjadi paling ringan di kelasnya. Sedangkan untuk berat motornya hanya 88 kg untuk jenis CW dan 90 kg untuk jenis spoke. Motor ini akan menghasilkan tenaga yang responsif di setiap putaran mesin dihasilkan dari perpaduan desain jalur aliran udara model baru dan throttle body berukuran 24 mm serta injektor empat lubang. Perpaduan mesin berkapasitas 125 cc dengan teknologi Blue Core ini akan membuat konsumsi bahan bakarnya jauh lebih irit, diatas 50%. Jika tangki diisi BBM dengan penuh, motor ini dapat melaju sejauh 250 km, sehingga jelas sekali konsumsi Yamaha New Mio M3 125 Blue Core bisa dikatan lebih efisien karena lebih irit. Dengan konsumsi BBM yang lebih irit, motor ini sangat pas dan akan efisien untuk aktifitas sehari-hari di dalam kota, maupun untuk jarak jauh keluar kota.

Karakter ”M” style juga tampak tampak mencolok pada handle seat (pegangan jok) dan tampak pada lampu saat kunci kontak diputar. Posisi lampu di panel depan dengan desain M serta lampu belakang model meruncing dan aksen smoke menjadikan penampilannya kian ciamik. Bodinya pun dihiasi motif karbon bertekstur sporty pada lima area yaitu cover mesin, panel depan, duct samping (kanan kiri), cover belakang, dan pelindung knalpot.

Motor Yamaha Mio M3 125 (3)

Fitur
Yamaha New Mio M3 125 Blue Core ini juga dilengkapi berbagai fitur terbaik lainnya seperti smart lock system, multifunction key yang menyatu untuk membuka bagasi dan tangki BBM. Speedometer-nya juga mewah dan sangat informatif serta mudah terlihat. Kunci utama yang multifungsi, karena selain sebagai kunci kontak, kunci setang, juga bisa dipakai untuk membuka bagasi. Pada kunci multifungsi ini juga dilengkapi penutup lubang kunci yang membuat motor lebih safety dari tindak kejahatan. Sedangkan untuk fitur smart lock system di New Mio M3 125 ini fungsinya akan membuat pengendara lebih mudah mengunci rem di jalanan yang menanjak atau menurun. Sementara fitur smart side stand switch membuat motor aman saat parkir karena dapat otomatis mematikan mesin ketika standar samping diturunkan. Bagasinya yang luas juga dapat menyimpan jaket, jas hujan, dan perlengkapan berkendara lainnya. Apalagi ditambah dengan inner pocket dan gantungan barang di bagian depan membuat motor bisa makin menunjang untuk aktifitas sehari-hari.

”Seperti semangat generasi muda yang selalu ingin terus maju tanpa dibatasi oleh pilihan-pilihan yang ada, Yamaha New Mio M3 125 hadir dengan konsep “Tanpa Kompromi” dalam hal desain dan performa mesin. Maka itu, sangat pas jika Yamaha menargetkan konsumennya merupakan anak muda laki-laki dan perempuan usia 17-25 tahun. Motor ini sangat cocok  untuk segala aktifitas harian, seperti ke sekolah, kampus, kantor, atau untuk transportasi lainnya,” Jelas Moch. Ihsan Nul Hakim selaku Chief DDS 3 PT.YIMM ditempat yang sama.

Motor Yamaha Mio M3 125

Motor Yamaha Mio M3 125 (1)

Motor Yamaha Mio M3 125 (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons