UMPAN MANCING IKAN LELE

Umpan mancing ikan lele
Beragam jenis umpan dibawa pemancing untuk mendapatkan ikan lele. Meski ikan banyak, ada kalanya pemancing tidak mendapatkan ikan seekor pun ikan lele.

Dalam mancing ikan lele, pemancing menyiapkan umpan mancing ikan lele yang berbeda-beda tapi rata-rata pemancing selalu menyiapkan cacing sebagai umpan utama, bahkan terkadang pengelola tempat pemancingan juga menyediakannya dengan harga Rp2.000 per seperempat gelas bekas minuman mineral.
Tapi jangan salah,tukang mancing yang hebat selalh membawa umpan mancing ikan lelenya sendiri. Mereka ada yang membawa kroto (telur semut rang-rang yang biasa untuk makan burung berkicau), cicak dibakar, jangkrik, lipas, cere (sejenis kecoa tapi ukurannya kecil), usus ayam, laba-laba, belut dibakar dan lainnya.Dari cerita pemancing, ketika musim hujan dan ukuran ikan kecil umpan terjitu yakni tetap

cacing serta kroto.
Beberapa mengatakan bahwa ikan lele yang berada di dasar kolam biasanya lebih suka makan kroto. Sementara jika udara panas, belut bakar menjadi andalan. Karena aromanya semakin menyengat sehingga terkadang akan dikejar oleh ikan lele.
Sementara dari beberapa sumber disebutkan, lele dumbo (Clarias gariepinus) adalah sejenis lele budidaya yang berasal dari Afrika. Dibandingkan dengan lele lokal (lele kampung C. batrachus, dan C. macrocephalus) lele dumbo berukuran lebih besar dan patilnya tidak tajam sehingga disukai konsumen. Nama “dumbo” diberikan karena ukurannya yang lebih besar daripada rata-rata lele lokal Asia Tenggara.

Makanan alamiah lele adalah zooplankton, larva, cacing, serangga air, dan fitoplankton. Umpan mancing ikan lele.
Ikan lele juga menyukai makanan busuk yang berprotein. Lele juga perlu makanan tambahan berupa sisa sisa makannan dari rumah tangga, daun kubis, tulang ikan dan tulang ayam yang dihancurkan, usus ayam dan bangkai.
Makanan tambahan lain bisa berupa campuran dedak dan ikan rucah dengan perbandingan 9:1 atau campuran bekatul, jagung dan bekicot dengan perbandingan 2:1:11. Jika cukup modal lele bisa diberi tambahan pelet.
Melihat dari jenis makanannya, maka tak heran para pemancing, memanfaatkan bau amis sebagai umpan untuk menaklukkan si “kumis”.
UMPAN MANCING IKAN LELE
UMPAN MANCING IKAN LELE
UMPAN MANCING IKAN LELE
Updated: June 26, 2015 — 12:33 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons