Memperbaiki Rantai Motor Rusak di Jalan

Pasti akan menyebalkan sekali ketika enak-enak jalan di tempat dengan kecepatan tinggi tetapi tiba-tiba rantai motor yang ada di bagian gigi roda belakang terlepas dengan sendirinya. Selain membuat kita menjadi berhenti tetapi juga bisa dan sangat membahayakan nyawa pengemudi sekaligus orang yang sedang dibonceng.

motor rantai

Mencegah Rantai Lepas

Sebelum membahas mengenai cara memperbaiki rantai maka ada baiknya untuk mengetetahui terlebih dahulu penyebab terjadinya kerusakan pada rantai sepeda motor. Sangat penting sekali untuk mengetahui penyebab dari kerusakan yang bisa mendera rantai motor kita agar aman saat di jalan dan kerja pun tidak terhambat.

Kerusakan yang terjadi pada motor bisa bermacam-macam. Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada kendaraan motor adalah rantai terlepas dari roda gigi tetapi kondisi rantai masih utuh dan tidak sampai putus. Kondisi kerusakan rantai yang seperti ini biasanya disebabkan oleh kurang kencangnya penyetelan rantai.

Rantai memiliki standar kekencangan sendiri. Jika terlalu kendor atau longgar maka rantai akan dengan mudah terlepas dari roda gigi. Untuk kita kita harus menyetelnya secara pas agar tidak terlepas dari roda gigi belakang.

Cara mengetahui apakah rantai tidak terlalu kendor adalah dengan memutarnya. Jika laju putar rantai terlihat memiliki goyangan yang cukup tinggi atau ketika dipakai jalan terasa ada bunyi maka kemungkinan rantai dalam kondisi kendor. Segera lakukan penyetelan agar tidak rusak di jalan.

Kondisi kerusakan yang selanjutnya adalah rantai putus. Kondisi ini bisa terjadi karena usia rantai dan terlalu kencang dalam melakukan penyetelan pada rantai. Kondisi rantai yang terlalu kencang biasanya ditandai dengan laju putar roda yang cukup berat jika diputar dengan tangan biasa. Segera lakukan pengendoran atau pelonggaran agar tidak putus di jalan.

Memperbaiki Rantai Rusak

Untuk memperbaiki rantai rusak di jalan baik terlepas ataupun putus maka bisa menggunakan dua cara. Untuk kondisi pertama yakni hanya terlepas dari roda gigi saja maka cukup dengan memarkir kendaraan dan menempatkan kembali posisi rantai pada roda.

motor rantai 2

Biasanya rantai pasti masuk ke dalam sela gigi roda. Hal ini bisa diakali dengan mencukilnya menggunakan obeng ataupun kayu yang ada di sekitar kita. Pasang kembali rantai dan periksa kekendoran atau kelonggaran rantai. Jika terlalu longgar maka segera kencangkan.

Kondisi kedua yakni rantai bengkok dan putus. Untuk kondisi ini maka kita butuh alat yakni tang 2 biji atau kunci inggris 2 biji. Fungsi tang ataupun kunci inggris adalah untuk memlintir atau menormalkan kembali kondisi rantai yang sudah terlanjur bengkok. Satu tang memegan rantai di posisi ujung dan yang satunya membelokkan ke posisi normal. Jika sudah normal maka tinggal memasangnya.

Namun untuk rantai terlepas maka pastikan kunci rantai masih ada. Jika tidak ada maka akan sulit sekali untuk memperbaikinya karena rantai bisa terlepas kembali. Untuk kondisi jaga-jaga maka ada baiknya membawa pengunci rantai di jok motor agar sewaktu waktu rantai putus bisa diperbaiki sendiri di jalan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons