MOBIL JAGUAR F TYPE COUPE

Jaguar F-TYPE Coupe adalah mobil sport yang cukup spesial, pasalnya mobil ini memiliki kemampuan paling dinamis, dan paling berperforma yang pernah diproduksi Jaguar. Model ini juga hadir dengan konstruksi full aluminium.

Informasi yang diperoleh KompasOtomotif  dari Darwin Maspolim, CEO PT Grandauto Dinamika saat peluncuran Jaguar  XJL 3.0L dan XF 2.0L, Senin lalu di Jakarta, F-Type yang dipasarkan di Indonesia menggunakan mesin 3.0L Supercharger. “Kita menjual dengan harga di bawah Rp 3 miliar,” jelasnya.
F-Type saat ini dipasarkan oleh Jaguar dengan tiga varian, yaitu F-Type, F-Type S (Sport) dan F-Type V8S. Varian terakhir, menggunakan mesin 5,0 liter dan bertenaga tenaga 495 PS. Sedangkan F-Type Standar dan Sport, menggunakan mesin yang sama, 3.0L V6 bensin, namun tenaga dan torsi yang dihasilkan berbeda, yaitu 340 PS dan 380 PS.

Mobil Jaguar F-Type Coupe 22 JaguarF-TYPE Coupe ini dipersenjatai dengan mesin bensin Jaguar V6 3,0 liter supercharger yang menghasilkan daya hingga 380 hp dengan torsi maksimal sebesar 460 Nm. Dengan mesin tersebut mobil ini mampu berakselarasi dari 0 sampai 100 km/jam dalam 4,9 detik, dan kecepatan puncak 275 km/jam.

“Inilah sportscar eksklusif yang akan membuat pemiliknya memiliki prestise tertinggi. Lekukan desainnya menyiratkan kemewahan yang dipadukan dengan responsifitas performanya. Rasakan sensasi sportscar asal Inggris ini di jalanan Indonesia,” ungkap Lisa Wijaya, Chief Operating Officer GAD.

Mobil Jaguar F-Type Coupe (1)
F-TYPE Coupé merupakan perwujudan dari konsep Jaguar C-X16 yang melakukan debutnya di Frankfurt Motor Show 2011, dengan menampilkan desain dramatis yang ditunjukkan oleh tiga bagian utama. Dua bagian utama pertama bebagi dengan F-TYPE Convertible – bagian depan dan sayap belakang, dan bagian utama ketiga adalah profil garis atap coupe yang menampilkan siluet kabin yang tajam.

Keahlian Jaguar dalam teknologi aluminium memungkinkan desain F-TYPE Coupé dapat berbobot sangat ringan sekaligus memiliki rumah kabin yang sangat kuat. Kekakuan torsional untuk semua F-TYPE Coupé mencapai 33.000 Nm/derajat, menjadikannya yang terbesar di antara semua Jaguar yang pernah diproduksi.

Bagian samping badan F-TYPE Coupé dicetak dari satu lembar aluminium, sementara di bagian atap, Jaguar menawarkan dua pilihan atap, full-aluminium atau panoramic. Spoiler belakang yang dapat dinaikkan berada di bagian ujung F-TYPE Coupé, dengan jajaran lampu berteknologi LED mempercantik rekayasa di bagian belakang.

F-TYPE Coupé menggunakan transmisi 8-speed close-ratio Quickshift yang dioptimalkan untuk performa yang sportif, dengan pilihan perpindahan secara manual sekuensial melalui tuas SportShift di konsol tengah maupun paddle shift di balik kemudi. Untuk harganya sendiri, Jaguar F-Type Coupe ini dibandero Rp2,029 miliar off the road.
Jaguar dikenal sebagai produsen mobil yang mengutama­kan gaya aristokrat khas kerajaan Inggris yang kental. Tidak salah jika segmen pembeli yang dituju kaum kaya tradisional yang ingin tampil bersahaja. Tapi bagaimana dengan anak dan cucu mereka yang ingin tampil lebih dominan namun sudah terlanjur jatuh cinta pada Jaguar? Di sinilah Jaguar F-Type Coupe berperan.

Mobil Jaguar F-Type Coupe (2) Mobil Jaguar F-Type Coupe (3)

Tampangnya tidak terlalu spek­takuler, namun tetap menggoda perhatian. Nyaris tidak ada signatured khas Jaguar melekat di tubuhnya. Kecuali tentunya gril besar berlis krom dengan logo Jaggy di tengahnya. Desainnya bukan selera semua orang dan terlihat agak canggung saat disandingkan dengan profil bumper yang dinamis dan berotot. Bodi aluminium membuatnya lebih ringan dan menunjukkan kelas sesungguhnya dari Jaguar.

Gaya khas sebuah mobil kencang tergambar di samping. Kap mesin memanjang berpadu apik dengan pelek kokoh, ornamen kisi udara mewah, dan lekukan atap dinamis yang terlihat serasi dengan proporsi tubuhnya. Hendel pintu unik karena sembunyi di dalam pintu dan akan keluar saat didekati oleh pemiliknya.

Mobil Jaguar F-Type Coupe (4) Mobil Jaguar F-Type Coupe (5) Mobil Jaguar F-Type Coupe (6)

Nuansa sport di belakang dibentuk oleh desain lampu tipis yang menciptakan siluet kencang. Berlanjut ke bawah dengan desain kokoh diffuser yang diser­tai dua pasang ujung knalpot gagah. Terdapat spoiler mungil yang akan keluar saat kecepatan mobil mencapai 110 km/jam.

Aroma mobil kencang tergambar dari ruang kabin yang terbatas. Bucket-seat kokoh tidak kehilangan sentuhan kemewahan dengan motif jahitan hitam dan seatbelt merah. Imbalannya adalah posisi duduk yang pas dan mencengkeram, khas sebuah kupe.

Desain dasbor terasa mewah dan berkelas. Agar tidak kehilang­an jiwa sporty, diberi sematan motif serat karbon. Gaya sebuah mobil modern tergambar dari monitor di tengah dasbor. Dari sini Anda bisa melakukan setting mesin, transmisi, dan suspensi secara individual. Inilah otak dari F-Type Coupe.

Unit yang dipajang saat launching di Singapura adalah Jaguar F-Type R Coupe. Merupakan top of the line dengan andalannya sebuah mesin 5.000 cc V8 bertenaga 542 dk dan torsi 680 Nm. Tambahan superchar­ger membuat torsi berlimpah itu didapat di 2.500-5.500 rpm. Padanannya adalah transmisi otomatis 8-speed Quickshift.

Jaguar mengklaim, F-Type R Coupe sanggup akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam tempo 4,2 detik. Menariknya, konsumsi BBM-nya terbilang cukup baik, dengan konsumsi BBM kombinasi sebesar 9,0 km/l. Sebuah paduan yang pas untuk sportscar harian.

Untuk meredam kebuasan performanya, F-Type Coupe di­lengkapi berbagai fitur keselamatan. Seperti Electronic Active Differential yang secara simultan mengatur porsi tenaga antara roda belakang kiri dan kanan. Tandemnya adalah Brake Vectoring yang memberi daya pengereman agar tidak terjadi understeer atau oversteer di tikungan.

Semuanya berpadu apik dengan Adaptive Dynamic Control yang mengatur kinerja suspensi walau tetap bisa diatur sendiri. Bahkan terdapat fitur Active Sport Exhaust System yang ‘membocorkan’ deru 4 knalpot yang otentik layaknya orkestra.

Tidak ada lagi aroma tradisi­onal pada F-Type R Coupe ini. Ia sudah menjelma menjadi mobil sport buas dengan tampilan modern. Sayang, melihat harga jualnya yang tidak kompetitif, sepertinya Jaguar Indonesia akan fokus pada F-Type Coupe dan F-type S Coupe yang bermesin 3.000 cc.

Mobil Jaguar F-Type Coupe (7) Mobil Jaguar F-Type Coupe (8) Mobil Jaguar F-Type Coupe (9) Mobil Jaguar F-Type Coupe (10)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons