MANCING IKAN UMPAN VANILA

Mancing ikan dengan umpan vanilla ternyata banyak dilakukan oleh pemancing di negara Amerika Serikat dan sebagian Eropa. Mereka menjadikan ekstra vanilla sebagai campuran ramuan umpan ikannya. Ternyata ikan pun suka dengan vanilla.
Kok bisa?  Bagaimana caranya? ternyata Ikan banyak yang menyukai aroma vanila, bahkan ada trik pancing tertentu untuk vanila ini.
Salah satu triknya adalah mancing ikan menggunakan vanila sebaiknya dilakukan pada sore atau malam hari karena pada saat ini vanila yang digunkan tidak terlalu banyak, sebaliknya jika mancing ikan pada saat pagi hari, mau tidak mau ekstrak vanila yang diberikan harus lebih banyak.

mancing ikan umpan vanila
Bagaimana cara membuat umpan mancing ikannya?
Pertama siapkan bahan sebagai berikut:
5 tongkol Jagung manis, 5 butir Telor bebek, Keju Kraft 1/4 batang, Kacang mede 1/4 ons, Kelapa 1/4 butir Susu Kental 1/4 kaleng, Vanili Secukupnya, Daun pandan 2 lembar, 1 buah Ubi, 1 kaleng ikan Tuna dan Kroto secukupnya.Cara membuat umpan pancing ikan, semua bahan seperti jagung manis, keju kraft dan kelapa diparut terlebih dahulu. Sedangkan untuk kacang mede terlebih dahulu digoreng dan selanjutnya digilas sampai halus, dan telur bebek diambil kuningnya saja. Apabila semua bahan telah siap, campurlah jagung dengan kuning telur, keju parut, kacang mede, susu kental, vanili, perasan daun pandan dan santan kelapa yang diperas tanpa menggunakan air. Bahan-bahan yang telah dicampur diaduk hingga rata, kemudian dimasukkan ke dalam kantung plastik berukuran ½ kg.

Adonan di dalam plastik diikat rapat pada ujungnya agar bentuk adonan menjadi pipih dan rata dalam mematangkannya. Plastik dirangkap dua agar dalam pengukusan tidak pecah. Selanjutnya adonan dikukus selama 3-4 jam.
Sebelum dimasak, daun pandan sepanjang 10 cm sebaiknya dimasukkan pada setiap kantung. Untuk mendapatkan hasil yang rata dalam pengukusan sebaiknya setelah 1,5 jam adonan diangkat, kemudian ditekan hingga pipih dan dimasak kembali dengan posisi terbalik. Setelah 3-4 jam, adonan umpan akan berwarna kuning pertanda sudah matang dan berbentuk pipih, tidak terlalu keras ataupun lembek. Umpan kuning yang telah siap dicampur dengan 1 buah ubi rebus untuk dicampur dan diaduk sampai rata. Setelah semua rata, masukkan 1 kaleng tuna untuk dicampur hingga rata. Masukkan kroto secukupnya ke dalam adonan, diaduk hingga rata. Resep umpan kuning ini dapat bertahan hingga 1 minggu. Selamat mencoba!

Updated: June 26, 2015 — 12:37 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons