SUZUKI HUSTLER, MOBIL MUNGIL YANG “EYE CATCHING”

Suzuki Hustler diperkenalkan pada IIMS 2014. Apakah ini tanda mobil ini akan masuk ke pasaran tanah air?
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memajang model-model unik di arena Indonesia International Motor Show 2014, lah satunya adalah Suzuki Hustler, yang masuk dalam kelas crossover atau varian antara hatchback dan sport utlity vehicle (SUV).
Pada IIMS 2014 ini, Suzuki Hustler dipajang di booth Suzuki Indomobil, Hall A JIExpo. Dilirik sekilas, tampang depan dan desain warna atapnya mirip SUV besar, Toyota FJ Cruiser, tapi kalo bicara ukuran, ya beda jauh.  Mobil ini mempunyai kapasitas lima penumpang, ruang kepala yang sangat tinggi karena mengadopsi pilar yang lurus.
Nah, ini yang membuat Suzuki Hustler beda dari mobil Suzuki lainnya, yaitu mesinnya. Kalo mobil crossover mempunyai mesin 1500-2000 cc maka mobil mungil ini disematkan dapur pacu kecil khas city car. Suzuki Hustler digerakkan mesin 658 cc seri R06A yang bisa menghasilkan tenaga 38 kilowatt (Kw) pada putaran 6.000 rotasi per menit (rpm). Torsi maksimal dari mesin ini mencapai 63 Kw pada putaran 4.000 rpm.
Memang jika hanya dilihat sekilas, Hustler memiliki tampilan menyerupai model lain Suzuki, yakni Karimun Wagon R. Namun jangan salah, Suzuki Hustler hadir dengan desain yang lebih kompak dengan cita rasa retro. Suzuki Hustler berdimensi panjang 3,3 meter, lebar sebesar 1,4 meter dan tingginya mencapai 1,6 meter.
Dimensi Suzuki Hustler pun mirip city car. Panjangnya 3.395 milimeter (mm), lebar 1.475 m, dan tinggi 1.665 mm. Namun Suzuki Hustler punya ground clearance yang lebih tinggi dari city car, sekitar 180 mm. Hustler juga dibekali roda ukuran 15 inci, lebih besar dari kebanyakan city car yang memiliki roda 14 inci.  
Pada pameran terbesar di Indonesia ini, Suzuki Hustler hanya diperkenalkan kepada para pengunjung, tidak untuk dijual. Sekedar informasi, mobil unik ini telah mengaspal di negara asalnya, Jepang. Sementara Hustler yang ditampilkan di IIMS tahun ini mengusung dapur pacu 658 cc yang sanggup menggelontorkan daya sebear 38 kW pada 6.600 rpm dengan torsi 63 Nm pada 4.000 rpm.

Hmm.. kapan ya masuk ke Indonesia??

mobil suzuki hustler suzuki hustler mobil suzuki hustler 2013-Suzuki-Hustler-Concept_1 suzuki-hustler-concept-02-1

Updated: September 24, 2014 — 2:30 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons