MOBIL LCGC SIAP-SIAP NAIK HARGA

Dalam waktu dekat ini kemungkinan besar pemerintah yang mengeluarkan peraturan mengenai harga mobil LCGC akan merevisi aturan tersebut. Pemerintah memberikan lampu hijau bagi produsen otomotif yang memproduksi mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) untuk menaikan plafon harga kendaraan roda empat tersebut.

tarif mobil LCGC naikNamun ada beberapa hal yang harus digaris bawahi dan itu dinyatakan oleh Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Kementerian Perindustrian Budi Darmadi mengatakan bahwa ada syarat tertentu bagi produsen yang berniat untuk menaikan plafon harga produk LCGC-nya, yaitu telah berproduksi lebih dari satu tahun.

“Itu otomoatis kalau sudah setahun bisa (menyesuaikan harga),” ujarnya di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Selasa (9/9/2014).

Dia menyatakan telah ada beberapa produsen LCGC yang diperbolehkan untuk melakukan revisi plafon harga, yaitu Toyota dengan produk Agya dan Diahatsu dengan produk Alya. “Sudah ada yang mengajukan (untuk revisi harga). Itu yang sudah setahun seperti Toyota dan Daihatsu,” lanjutnya.

Mengenai berapa tarif kenaikannya, masih akan melihat kenaikan inlflasi tahun pertahun. Dengan demikian diharapkan kenaikan tidak akan jauh berbeda dengan keinginan produsen dan juga tidak memberatkan konsumen pembeli LCGC.

“Sesuai inflasi lah. Inflasi year on year. Kalau produsen bersangkutan mulainya Oktober, ya infasi Oktober to Oktober (YoY),” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons