Pernah dengar nama Daihatsu Hijet?

Daihatsu Hijet kini dihidupkan kembali oleh Daihatsu dalam bentuk truk kompak. Mobil ini dibentuk oleh tiga pabrikan utama, yaitu Toyota, Subaru dan Daihatsu. Ketiga produsen ini mengembangkan mobil ini dan mempunyai nama sendiri-sendiri. Jika Daihatsu menyebutnya Hijet, maka Toyota menyebutnya Pixis dan Subaru menyebutnya Sambar.  Di pasaran Jepang, mobil ini dijual pada kisaran harga 68 juta.
Sebelum Toyota membeli 20 persen saham Subaru, Sambar telah menjadi bagian pabrikan berciri khas sistem gerak empat roda itu sejak 1961. Pada 2012, generasi penerus Sambar menggunakan basis yang sama dengan Hijet. Sedangkan Toyota Pixis baru mulai dipasarkan sejak 2011.
Mesin mobil ini dilengkapi dengan tenaga mesin 660 cc tiga silinder DOHC 63 PS.  Kemampuannya sebagai “mobil kerja” boleh jadi diragukan, tapi tenaga itu cukup mumpuni buat menggerakan bodi yang hanya seberat 739 kg. Dijelaskan, spesifikasi ini menyesuaikan regulasi Jepang terhadap kei truck.
Terdapat pilihan transmisi otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan. Dari hasil uji resmi, tingkat keiritan bahan bakar diklaim mencapai 19,55 kpl.

daihatsu hijet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons