FORD ECOBOOST MENAWARKAN KENYAMANAN DAN TEKNOLOGI

Model hatchback andalan Ford Motor Indonesia (FMI), New Fiesta, kini menggendong mesin terkecil di kelasnya yaitu EcoBoost berkapasitas 1.0 L. Namun mesin ini memiliki beberapa keunggulan. Keunggulan ini disampaikan oleh Marketing Director FMI, Gumgum Prijadi, mesin EcoBoost yang dimiliki pabrikan yang bermarkas di Detroit ini adalah mesin yang menawarkan teknologi modern yang tidak dimiliki mesin tiga silinder dari merek lain.
“Biasanya untuk posisi idle mesin tiga silinder merek lain menghasilkan getaran yang sangat terasa, namun untuk EcoBoost tidak dan sangat tenang,” ujar Gumgum di sela-sela acara Media Test Drive New Fiesta EcoBoost di Bali, Senin (11/8/2014).
Dengan kapasitas mesin tersebut, maka tidak heranlah jika mesin Ecoboost Ford menyabet penghargaan mesin terbaik dunia dalam tiga tahun berturut-turut
Mesin ini memang yang terkecil di kelasnya bahkan bisa diletakan di kompartemen bagasi pesawat. Mesin ini mampu memprouksi daya sebesar 125 PS (92 kW), dan torsi puncak 170 Nm. EcoBoost 1.0 liter dipasangkan dengan transmisi otomatis PowerShift enam percepatan yang mampu menghemat bahan bakar hingga 18,9 km/L, dan emisi karbon dioksida hanya 121 g/km.(baca: Dibanderol mahal, New Fiesta siap adu kualitas)
Ford berhasil meredam getaran besar yang biasa terjadi pada mesin tiga silinder dengan memasang poros penyeimbang yang berputar berlawanan arah di dalam motor yang menghilangkan sebagian besar getaran.
Namun, poros penyeimbang ini berat, mahal, dan mengurangi penghematan bahan bakar. Sebaliknya, tim Ford dengan sengaja membuat katrol dan roda gila (flywheel) tidak seimbang dengan bobot yang ditempatkan tepat untuk melawan daya getar alami mesin dan mendorong energi ke arah yang kurang sensitif.
Mesin ini juga memperlihatkan banyak teknologi yang belum pernah ditemui di kendaraan Ford sebelumnya, misalnya turbocharger super-kecil dan sangat responsif mengantarkan daya dengan cepat ketika throttle dibuka dari rpm rendah. Kemampuan turbocharger untuk mencapai hampir 248.000 rpm tanpa jeda turbo secara virtual, menjadikan New Fiesta cepat dan menyenangkan untuk dikendarai.
New Fiesta telah diuji selama lebih dari 150 jam di terowongan angin untuk menyempurnakan efisiensi aerodinamisnya, menghasilkan 3 persen pengurangan hambatan, yang secara lebih jauh menguntungkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi CO2.
“Tugas kami adalah mengedukasi calon pembeli, karena mereka ingin mengetahui keunggulan mesin Ecoboost ini. Kenapa dengan mesin kecil tiga silinder bisa dibanderol dengan harga tersebut,” ujar Gumgum di sela-sela acara media test drive New Fiesta EcoBoost di Bali, Senin (11/8/2014).
Sebagai informasi, New Fiesta EcoBoost ini mampu menyemburkan tenaga hingga 120 PS dengan torsi puncak sebesar 170 Nm, dengan rata-rata konsumsi BBM mencapai 1:15,7. Jika dipakai di luar kota mobil bisa menembus 1:19. Sedangkan di dalam kota mencapai 1:13,6.
YNC memungkinkan pengendara untuk menjawab panggilan telepon dan memilih lagu dari peranti yang terhubung melalui Bluetooth atau USB, serta mendengarkan pesan teks dengan hanya menggunakan perintah suara. Hal ini membantu pengendara untuk tetap memegang kemudi dan memperhatikan jalan.
New Ford Fiesta diciptakan untuk generasi digital. Dengan SYNC, konektivitas Bluetooth® dan kemampuan MP3, para pencinta teknologi dapat terus terhubung ke musik favorit mereka dan terkoneksi ke dunia mereka saat bepergian.
Selain itu, Fiesta dilengkapi dengan serangkaian fitur kenyamanan. Dengan Smart Keyless Entry, pelanggan tidak memerlukan lagi kunci mereka untuk membuka mobil atau untuk menyalakan mesin. Mereka dapat membuka pintu secara otomatis dengan menarik pegangan pintu, menekan tombol Ford Power Start dan mulai berkendara.
Kenyamanan telah ditingkatkan sekaligus tetap mempertahankan pengendalian sporty ciri khas Ford Fiesta. Spesifikasi peredam kejut telah dirancang untuk meningkatkan kualitas berkendara. Penahan hentakan pada suspensi depan baru memberikan kinerja bantalan yang lebih baik saat melewati benjolan besar. Electric power-assisted steering (EPAS) juga telah disesuaikan dengan karakteristik suspensi baru.
Selain kualitas pengendalian dan berkendara yang luar biasa, new Ford Fiesta telah dirancang untuk memberikan perlindungan dan dukungan pengendara tingkat tinggi melalui berbagai fitur canggih. Sekitar 55 persen dari struktur bodinya terdiri dari baja berkekuatan tinggi dan baja berkekuatan sangat tinggi, seperti baja boron, yang menjadikan rangka Fiesta sangat kuat sekaligus ringan.
New Ford Fiesta terus menawarkan paket keselamatan yang paling lengkap di kelasnya, termasuk airbag untuk pengendara dan penumpang di bagian depan sebagai fitur standar. Mobil ini juga memiliki Electronic Stability Program (ESP), yang membantu pelanggan untuk mengendalikan mobil sepanjang waktu, terutama pada jalan licin.
Semakin menghilangkan stres saat berkendara, Ford Fiesta dilengkapi dengan berbagai sistem bantuan pengendara. Rear parking sensor menjaga pengendara dari rintangan yang tidak dapat mereka lihat saat sedang mundur. Hill Launch Assist membantu pengendara dapat mulai mengemudikan kendaraan dengan sempurna pada tanjakan maupun turunan, dengan menahan mobil hingga tiga detik pada kemiringan.
 Mobil ini tersedia dengan delapan pilihan warna yaitu arctic white, true red, black mica, highlight silver, chili orange, metropolitan grey, phantom purple, dan celestial blue.

– Tipe 5-pintu 1.0L EcoBoost Fiesta Sport MT: Rp. 240,4 Juta
– Tipe 5-pintu 1.0L EcoBoost Fiesta Sport dengan PowerShift AT Rp 250,4 juta.
– Tipe 4-pintu 1.0L EcoBoost Fiesta Titanuim dengan PowerShift AT Rp. 280,4 juta.

ecoboost ford fiesta ford ecoboost fiesta ford ecoboost ford fiesta ecoboost new ford fiesta ecoboost ord ecoboost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons