Faktor Cuaca saat Mancing Ikan II

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, selain faktor cuaca, faktor air laut itu sendiri akan sangat berpengaruh saat kita ingin mancing ikan di laut. Jenis ikan, hasil tangkapan akan sangat berbeda sekali. Karena itu bagi para pemancing hendaknya memperhatikan faktor cuaca ini sebelum memutuskan untuk pergi mancing ke laut.
mancing ikan

Faktor Cuaca di dalam laut sendiri

Suhu air laut

Suhu air laut berpengaruh bagi kehidupan sebagian besar ikan di lau, jika lautan terlampau panas, maka ikan akan lebih cenderung berada di kedalaman atau ke tengah laut untuk mencari suhu yang lebih sejuk atau dingin, tapi jangan salah, pada suhu yang lebih panas maka ikan justru lebih agresif dalam mencari makan. Sebaliknya jika suhu air terlampau dingin, ikan jadi lebih malas dan kurang suka dalam mencari makan. Suhu air di daerah tropis berkisar antara 26-35 derajat, suhu itu adalah suhu yang optimal dalam mancing ikan.

Arus air laut

Arus air laut menjadi sangat krusial karena akan mempengaruhi gerak ikan. Harus diketahui, angin yang berhembus pada permukaan air tidak mempengaruhi arus air laut, pada banyak kejadian pada situasi angin yang lemah, arus air justru sangat kencang dan sebaliknya.
Lalu bagaimana cara agar kita tahu apakah arus air laut sedang deras? Caranya mudah sekali. Pada saat kita memasukkan kail pancing ke dalam sungai, biasanya kita akan lihat senar pancing akan bergerak sehingga tampak miring, kadang kala justru kail yang seharusnya menyentuh dasar malah tidak menyentuh dasar sama sekali. Harus diketahui, sifat air sama seperti layaknya udara, air laut bergerak dari yang bersuhu dingin menuju ke suhu yang lebih hangat.  arus yang kencang akan membuat umpan melayang dan kurang menarik minat ikan untuk memakannya dan arus yang mati akan membuat umpan jatuh ke dasar . arus sedang adalah yang diharapkan para pemancing karena umpan akan melayang layang seperti hidup sehingga membuat ikan menyukainya.

Kejernihan air laut

Faktor kejernihan air laut juga harus diperhitungkan karena air laut yang keruh akan membuat ikan menjadi kurang suka. Carilah air laut yang bening dan jernih terang dan bisa ditembus sinar matahari.
Updated: June 26, 2015 — 12:41 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons