PROGRAM MOBIL LCGC BAKAL DISTOP?

Pabrikan otomotif sedang ketar-ketir pasca menangnya Jokowi-JK pada pilres kemarin. Kebijakan pemerintah SBY yang membuka pintu kebijakan terhadap mobil LCGC terancam dicabut.

Pasalnya, Jokowi pernah mentah-mentah menolak adanya mobil LCGC. Sebab, selain menambah kemacetan, LCGC juga ternyata banyak “menenggak” BBM bersubsidi (kompas, 24/7/2014).

mobil karimun wagon r

Menyikapi hal ini, Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan bahwa jika ternyata LCGC distop, itu sepenuhnya hak dari pemerintah mendatang. “Kalau tidak dilanjutkan, itu hak pemerintah yang baru. Namun, itu agak sulit karena sudah ada investasi,” ujarnya di Jakarta, Kamis (24/7/2014).

MS Hidayat menyebutkan bahwa saat ini LCGC justru berhasil menekan konsumsi BBM. Jika banyak yang mengatakan bahwa dengan keluarnya mobil LCGC ini hanya menghabiskan subsidi bahan bakar, namun menurut MS Hidayat mobil LCGC justru mampu menghemat penggunaan BBM sebesar 40 persen. Selain itu, mobil ini juga sangat bermanfaat untuk mencegah membanjirnya produk mobil luar negeri, terutama dari Thailand.

Jika LCGC dihentikan, akan ada dampak susulan yang besar. “Jika tidak dilakukan itu, nanti akan ada mobil impor bisa masuk untuk penuhi demand, konsumsinya BBM juga, dan industri komponen dalam negeri juga tidak akan berkembang,” ujarnya.

mobil lcgc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons