MACAM BENTUK JORAN PANCING

a. Baitcasting / Overhead Rod
Joran yang memiliki posisi berkebalikan dari spinning rod. Rod jenis ini harus menggunakan baitcasting reel (overhead reel). Cara mudah membedakan spinning dan baitcasting (overhead) rod adalah dengan melihat bagian reel seat, pada joran baitcasting terdapat semacam trigger (seperti pelatuk pada pistol). yang fungsinya sebagai pegangan pada tangan ketika menggunakan baitcasting reel/overhead reel.
ring guide pada rod model ini jauh lebih banyak daripada spinning rod, hal ini karena ketika joran tipe ini mendapat beban, posisinya akan menengadah [(bayangkan posisi goyang kayang ) – sedangkan pada spinning rod posisinya membungkuk], maka agar senar tidak membentur blank, diperlukan ring yang lebih banyak.

b. Spinning rod (joran sejuta umat)

Joran yang umum digunakan pemancing di indonesia. Pemancing harus menggunakan Spinning Reel, Joran spinning bisa berbentuk seperti joran telescopic atau terdiri dari 1 section atau lebih.

c. Ice Fishing Rod

Joran untuk memancing di danau, kolam, atau sungai yang beku dengan cara membuat lubang di es. Joran ini pendek, hanya sekitar 80-100cm saja dan menggunakan spinning reel.


d. Fly Fishing Rodfly fishing rod

Joran ini memiliki body yang slim (kurus-diameter blank relatif kecil), memiliki kelenturan tinggi, tapi kuat. Teknik memancing ini adalah teknik mancing kuno yang berkembang di daerah eropa. Joran ini cenderung memiliki ciri khas dibanding tipe joran lainnya.
Ring guide pada joran ini biasanya digunakan tipe snake guide (bentuknya mirip ular yang melingkar). cara memancingnya berkebalikan dari teknik casting. jika casting lure(umpan) yang membawa line (benang/senar), maka pada teknik ini Line (benang) lah yang membawa lure (dalam fly fishing bernama flies).

e. Pole Rod

Joran dengan design tanpa guide dan tempat dudukan rell, pada ujung joran ada seutas braided dengan panjang sekitar 5-7 cm, fungsinya sebagai tempat untuk melilitkan line. Bagi yang biasa strike dengan dengan bantuan Rell maka dengan Pole rod ada keasyikan tersendiri disaat strike, dimana kita menarik ikan naik keatas tanpa bantuan rell.
Joran ini tanpa ring guide dan reel seat. berisi beberapa section yang bisa dimasukkan dalam bonggol joran. mirip juga dengan konsep joran teleskopik, biasanya panjang dari 2-7 meter. bagian ujung joran terdapat sebuah benang (biasa di sebut dacron) untuk menambatkan tali yang digunakan untuk memancing. Biasanya panjang tali yang digunakan sama dengan panjang joran. Joran tipe ini banyak digunakan untuk mancing jaer, nila, di empang, atau mancing rabitfish (baronang) di laut.
Baca Juga:
Updated: June 26, 2015 — 12:43 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons