AVANZA VS ERTIGA

Suzuki Ertiga Vs Toyota Avanza. Keduanya memang layak dibahas karena berada pada kelas yang sama.

avanza vs ertiga

Toyota dan Suzuki yang gencar menarik konsumen dengan jenis mobil yang cocok dipakai tidak hanya sebagai mobil keluarga tetapi juga untuk keperluan Individu. Tentunya dengan tetap mempertahankan efisiensi konsumsi bahan bakar minyak.

Suzuki Indonesia meluncurkan Ertiga sebagai pesaing Avanza yang merupakan unggulan Toyota pada 22 April 2012. Toyota Avanza merupakan pelopor model MPV Hatchback di Indonesia.

Berikut ini, ada 5 aspek yang membuat keduanya jadi barometer pasar MPV Low di Indonesia.

Performa

Ertiga adalah hasil perpaduan MPV dan sedan plus aplikasi platform Suzuki New Swift. Mobil ini menghasilkan sebuah kenyamanan tingkat tinggi. Memakai sistem Front Wheel Drive atau FWD dan sasis Monocoque ditambah mesin bensin tipe K-Series terbaru berkapasitas 1.400 cc atau 1,4 liter. Keseimbangan dan kemudahan berkendara akan Anda rasakan saat duduk di balik kemudi Ertiga.

Toyota Avanza memiliki performa yang tidak perlu diragukan lagi. Mesin yang bertenaga dan irit tersebut dikombinasikan dengan sistem suspensi dan handling sempurna sehingga menghasilkan akselerasi dan kelincahan yang mumpuni.

Aselerasi

Suzuki lebih mengedepankan downforce dan keseimbangan saat melibas jalanan, sementara Toyota mengandalkan kelincahan dan manuver-manuver serba cepat plus akselerasi menyeruak kepadatan lalu lintas.

Dimensi

Dengan dimensi body kendaraan yang hampir sama masing-masing panjang, lebar, dan tinggi, untuk Ertiga 4,265 m, 1,695 m, dan 1,685 m sedangkan Avanza 4,14 m, 1,66 m, dan 1,695 m terlihat prioritas yang berbeda antar kedua produsen.

avanza vs ertiga 3

Interior

Ertiga memiliki dimensi yang sedikit lebih besar dan melebar sehingga memberikan keleluasaan dalam penataan kabin. Interior yang nyaman dan lega sebagai karakter sebuah MPV dan daya muat besar menjadi andalannya.

Avanza mempunyai dimensi yang lebih pendek namun unggul dalam ukuran tinggi. Daya muat masing-masing kendaraan setara. Kabin Avanza terlihat lebih ringkas dan simple namun tetap nyaman untuk ditempati.

toyota_avanza_suzuki_ertiga

After Sales Service

Toyota dan Suzuki telah memiliki jaringan penjualan resmi yang sangat banyak dan luas. Toyota boleh unggul dalam hal jaringan pemasaran dan bengkel resmi yang lebih banyak dibandingkan Suzuki namun Suzuki menawarkan harga perawatan, spare parts, dan accessories asli yang sedikit lebih murah dari Toyota.

5 Comments

Add a Comment
  1. ketinggian avanza karena keadaan.. ada gardan ada pengorbanan ngga bisa ceper. Bukan kelebihan. Lagipula utk mobil lmpv ekonomis udah terlanjur dibimin bergardan dan berpenggerak roda belakang. Interior dan kenyamanan dlm kabin bedalah dgn ertiga .. second row bisa maju mundur 24 senti.. masih jauh lebih lega. Value of money juga dibanding harga dgn fitur keamanan abs+ebd plus immobilizer.. avanza yg kelas harga sama cuma dpt 1.300cc dan boleh diadu tanjakan full pakai ac.. kelas vs nya harus ya veloz 1.500cc selain beda 100cc harga jg bumi langit.. harga yg sama sih mending meminang livina.. hohoho.. servis jg sama free 50rb km.. tp perlu diingat servis ini cuma jasa.. sebetulnya harga ngga seberapa .. cuma gimmick aja.. tunggu ertiga diesel head to head.. dgn spin baru mantap dr sisi keiritan. Avanza tekno dah 10thn.. saatnya diubah dan dirombak! Mari utk kepuasan pengguna pecinta lmpv.. jangan dibungkus2 dan terus upgrade harga doank

    1. setuju banget mas… tapi kalo mau nunggu ertiga diesel, kayaknya bakal lamaaaa mas, soalnya solar kita sama sekali gak cocok buat mesin-mesin diesel modern, buat kelas mpv cuma ada innova yg mesin D-4D yg dirombak abis2an demi pemakai solar di indonesia dan isuzu panther yang dari dulu sampe sekarang masih saja pake mesin jaman dulu.
      http://indocitycar.com/2014/05/30/solar-indonesia-kualitas-rendah/

  2. kalau sama proton Exora sendiri gimana om.katanya standar eropa ya

  3. Kekurangan Ertiga dari Painting yah,
    belum 3 tahun saja sudah Peel Off / Terkelupas. dan mudah Scratch / baret.

  4. Saya sudah pake dua2 nya. Saya punya avanza veloz desember 2014 dan saudara saya ertiga januari 2014.

    Kesimpulannya, masih enak veloz, kopling ertiga berat banget krn masih pake kawat. Veloz kopling nya ringan banget, lebih ringan juga dari inova.

    Handling di tol ertiga ok, tapi di jalan pegunungan ketemu tanyakan + tikungan berasa berat banget, lebih sering mengelitik dari veloz, ketemu turunan + tikungan + hujan kadang2 mobil melengkung keluar lintasan. Understeer. Untung injek rem, jadi bisa koreksi. Kalo veloz belum pernah kejadian, tapi pernah oversteer waktu pake xenia.

    Kesimpulannya saya bersyukur beli veloz daripada ertiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons