GEMBAR GEMBOR KEMANA-MANA, TERNYATA ESEMKA BUATAN CHINA?

Kurang lebih dua tahun kita sempat tersengat oleh hadirnya mobil Made In Indonesia, akhirnya pada bulan April kemarin ada yang berani mengatakan bahwa mobil EsEmKa tersebut adalah mobil buatan China yang dirakit di Indonesia.

Perusahaan otomotif China yang memproduksi mobil tersebut adalahperusahaan bernama Guangdong Foday Automobile Co.,Ltd itu beralamat di Boai Road East, Shishan Technological & Industrial Park B, Nanhai District, Foshan City, Guangdong.
Mobil buatan Foday yang mirip dengan Esemka adalah Foday Explorer 006. Boleh dikatakan 99,9 persen bentuk dan desainnya sama, kecuali gambar logonya saja yang berbeda.
Awalnya dulu diberitakan jika pengusaha bengkel mobil dari Trucuk, Klaten, Jawa Tengah, H. Sukiyat bersama sejumlah siswa SMK melahirkan mobil  Esemka, Bapak Sukiyat mengakui bahwa mobil Esemka itu bukan murni buatan anak negeri, melainkan dari negara luar.
Sukiyat mengaku dirinya pasrah saja, tapi dirinya merasa lega telah membeberkan masalah mobil Esemka sesuai apa adanya. “Prinsipnya, saya bukan orang politik, saya orang teknik. Jadi yang saya ungkapkan masalah teknis sesuai dengan pengetahuan saya,” ujar Sukiyat.
Updated: May 3, 2014 — 10:53 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons