PERANG DISKON LANJUT TERUS!!

Tak dapat dipungkiri jika mobil-mobil MPV adalah pasar yang sangat gemuk di Indonesia. Atas dasar hal tersebut, maka banyak para produsen mobil berbondong-bondong datang ke Indonesia menawarkan mobil MPV mereka sendiri-sendiri. Tercatatlah beberapa nama baru yang mulai aktif dipasaran seperti: Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Chevrolet Spin, Mazda VX-1 dan terakhir yang akan meluncur pertengahan kuartal tahun ini: Nissan Datsun GO+.
Semaraknya penjualan MPV ini sebenarnya sudah terlihat beberapa tahun sebelumnya ketika pabrikan yang memproduksi Mobil Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Nissan Livina selalu panen raya setiap tahunnya. Permintaan atas mobil MPV murah ini semakin tahun semakin meningkat, terlihat dan statistik penjualan mobil Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia pada tahun 2010, 2011, 2012 dan 2013. Kesuksesan pabrikan lama ini kemudian menarik pabrikan-pabrikan baru.
Tapi, sesungguhnya dengan kedatangan model-model MPV baru yang berasal dari berbagai macam jenis pabrikan tersebut sangat memanjakan kita sebagai konsumen kendaraan roda empat. Karena persaingan saat ini bukan hanya sebatas fasilitas, interior dan eksterior maupun fitur keamanan. Persaingan tersebut sudah pasti membuat terjadinya persaingan harga. Persaingan harga ini sudah pasti tidak dapat terelakkan. Mari kita ingat beberapa tahun yang lalu saat Avanza dan Xenia tanpa airbag terusik oleh kedatangan Ertiga + Airbag dengan harga yang lebih murah.  Akhirnya demi menyaingi Ertiga, mau tidak mau AvanzaXenia harus membuat yang minimal samalah dengan Ertiga.
Lanjut setelah kelahiran Ertiga, Produsen AvanzaXenia kembali dibuat gelisah bukan kepalang oleh kehadiran Honda Mobilio yang mempunyai tampilan yang lebih necis, lebih ganteng dibandingkan AvanzaXenia maupun Ertiga, plus harga yang kurang lebih sama. 
Dengan banyaknya produsen yang ikut nyemplung di pasar MPV, sudah pasti terjadi perang, baik itu perang asesoris hingga perang harga. Lihat saja sampai kuartal pertama tahun ini, Astra mengeluh mengalami penurunan keuntungan disebabkan karena adanya Diskon-diskon. Mau tidak mau mereka harus melakukan hal tersebut jika tidak mau kehilangan konsumen-konsumennya.
Semoga dengan bertambah beratnya persaingan, jika hanya terfokus pada kuantiti (harga) namun juga pada segi kualitasnya, sehingga hanya MPV yang berkualitas dengan harga terjangkaulah yang akan dipilih dan dipakai oleh  masyarakat Indonesia.
Updated: April 29, 2014 — 10:44 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons