PREMIUM ATAU PERTAMAX TERGANTUNG TINGKAT KOMPRESI MESIN

Ternyata saat ini masih banyak pemilik kendaraan yang bingung harus mengenai BBM buat mobil mereka.  Harus diketahui, bensin itu memiliki nilai oktan yaitu angka yang menunjukkan berapa besar tekanan maksimum (kompresi) yang bisa diberikan di dalam mesin sebelum bensin terbakar secara spontan. Pasalnya, campuran bensin dan udara (berbentuk gas) dapat terbakar sendiri sebelum terkena percikan api busi ketika ditekan oleh piston saat langkah kompresi. fenomena ini disebut dengan istilah knocking alias ngelitik.
Makin tinggi angka oktan dari bensin tersebut, itu artinya semakin kuat pula bensin tersebut menahan kompresi. Sebab itulah diistilahkan makin tinggi perbandingan kompresi mesin, makin tinggi angka oktan bensin yang dibutuhkan.
Untuk mengetahui jenis bensin apa yang dibutuhkan oleh kendaraan, kita bisa melihat spesifikasi mesinnya. Produsen kendaraan umumnya mencantumkan angka rasio kompresinya.
  • Nilai Oktan Premium itu 88
  • Nilai Oktan Pertamax itu 92
  • Nilai Oktan Pertamax Plus itu 95
  • – 1:7 sampai 1:9, menggunakan  88 (Premium)
  • – 1:9,1 sampai 1:10, menggunakan bensin beroktan 92 (Pertamax)
  • – 1:10,1 sampai 1:11, menggunakan bensin beroktan 95 (Pertamax Plus).
Jika tidak tepat penggunaan, maka reseikonya adalah mesin mobil akan menjadi cepat rusak dan berujung pada mogoknya kendaraan dan harus turun mesin.
Untuk daftar kompresi mesin mobil anda, bisa dibaca disini
Updated: April 22, 2014 — 4:42 am

Comments

Add a Comment
  1. klo suzuki ertiga cocoknya pke ap???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons