JALAN-JALAN DENGAN BUS TINGKAT PARIWISATA MADE IN CHINA

Ternyata, bus pariwisata yang dikirim dari China itu bukan merek sembarangan walau sekali lagi “made in China”. Bus tingkat wisata produksi China bermerek Weichai yini ternyata bukan produsen otomotif yang baru lahiran di jagat perotomotifan.

Director Weichai Indonesia, Ding Wei memaparkan kalau Weichai adalah produsen mesin heavy duty terbesar di dunia dengan produksi lebih dari 700.000 mesin di seluruh dunia, 40.000 mesin diantaranya adalah mesin berbahan bakar gas.  Tidak hanya itu, di tataran internasional, Weichai juga memiliki merek kapal pesiar Ferretti di Italia yang menjadi pemimpin di kapal pesiar merah di dunia serta Kion dan Linde untuk urusan forklift di Eropa. Ada lagi Torch yang menjadi podusen busi nomor 1 di China.
Pada tahun 2013 lalu perusahaan ini masuk di urutan 147 di China Top 500 Enterprises, urutan 65 di China Top 500 Manufacturing Enterprises, dan urutan 6 di China Top 100 Machinery Industry Enterprises. Di seluruh dunia, Weichai memiliki 50.000 karyawan dengan total aset 94,7 miliar RMB dan pendapatan 100,3 miliar RMB. Selain memproduksi bus, grup Weichai juga membuat mesin, transmisi dan exle hingga yachts. Ada pula forklift, truk dan tractor head. Lebih lanjut Ding menjelaskan kalau Weichai Grup sudah mendirikan 4.000 service center di seluruh China dan lebih dari 1.000 titik di luar China di 80 negara, termasuk Indonesia
Saat ini Ahok Ahok memang meminta untuk selanjutnya agar tidak lagi membeli bus produksi China. Karena itu, untuk pembelian bus selanjutnya, pihak dinas pariwusata akan membeli bus produksi pabrikan Eropa yang mempunyai kualitas lebih bagus.
Updated: April 7, 2014 — 9:51 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons