Dokter Timnas U-19 Ungkap Rahasia Tim Agar Tetap Bugar

VIVAbola – Dokter Timnas Indonesia U-19, Alfan Nur Asyar mengungkapkan rahasia agar tim tetap bugar pada saat pemusatan latihan. Kebugaran memang menjadi hal yang sangat penting jelang serangkaian uji coba di Timur Tengah.

“Kuncinya itu pada anak-anak sendiri. Mereka harus tertib sesuai dengan aturan dan program yang ada dijalankan,” kata dr Alfan Nur Asyhar kepada VIVAbola, Kamis 26 Maret 2014

Menurutnya, resep agar para pemain Timnas U-19 tetap bugar dan selalu sehat  adalah makan dengan kebutuhan gizi yang terpenuhi serta proes pemulihan yang bagus.

“Tidur tepat waktu, krio terapy dengan berendam di air es setelah juga diterapkan. Anak-anak juga tahu bahwa hal tersebut adalah kebutuhannya sendiri,” jelasnya.

Di waktu yang sangat ketat, ada satu jam atau dua jam waktu longgar yang dapat dimanfaatkan oleh Evan Dimas Cs. Namun, sebagian besar memilih waktu selang tersebut untuk istrirahat di kamar atau justru tidur.

“Misalnya waktu makan malam pukul 19.00 WIB hingga saatnya tidur pukul 21.00 WIB terdapat waktu senggang sekitar 1 jam. Waktu itu biasanya digunakan untuk membeli beberapa keperluan pribadi. Itupun terkadang kita mengecek barang bawaan yang dibawa oleh pemain dari luar hotel,” paparnya.

Untuk masalah gizi, tim dokter Timnas U-19 sudah memberikan resep makanan yang harus disiapkan oleh pihak hotel. Untuk makanan pemain tidak boleh makan makanan yang digoreng, sambal dan santan.

“Kalau minum air es masih boleh asal esnya berasal dari air yang sudah matang. Tidak masalah,” ucap Alfan.
(sumber:http://bola.viva.co.id/news/read/491918-dokter-timnas-u-19-ungkap-rahasia-tim-agar-tetap-bugar)

Updated: March 27, 2014 — 10:37 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons