PEMAIN BARU TIMNAS U-19 BELUM SESUAI HARAPAN

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA– Pelatih tim nasional U-19 Indra Sjafri tidak puas dengan penampilan dua pemain seleksi.  Kedua penggawa baru tersebut tidak memenuhi ekspektasi.
 
Indra memberikan kesempatan kepada striker Pra-PON DIY Martinus Novianto dan winger Pra-PON Jatim Fahmi Al-Ayubbi untuk tampil pada laga melawan Putra Samarinda U-21 di Stadion Palaran, Samarinda, Jumat (14/3) malam. Martinus masuk menggantikan Muchlis Hadi sementara Fahmi menggantikan Ilham Udin Armaiyn. Keduanya bermain sejak menit ke-57.

Sayangnya, Martinus dan Fahmi yang  merupakan dua dari empat pemain seleksi hasil pantauan Tur Nusantara di Pulau Jawa, tidak mampu menunjukkan penampilan terbaik. Keduanya terlihat masih demam panggung.

Martinus gagal menunjukkan ketajamannya sebagai seorang striker. Padahal saat bermain untuk tim Pra-PON DIY, ia tampil ganas dengan menjebol gawang timnas U-19 sebanyak dua kali. Martinus nyaris tak menebar ancaman kepada Pusam.

Sementara Fahmi yang meskipun tampil atraktif dan kerap berhasil melewati pemain Pusam dengan kecepatannya, terlihat kebingungan dalam mengambil keputusan. Operannya kerap tidak tepat sasaran ketika berada di barisan pertahanan lawan.

“Pemain baru belum sesuai ekspektasi. Saya rasa ini masalah mental bertanding,” kata Indra Sjafri.

Indra masih memaklumi karena kedua pemain itu baru bergabung. Pelatih asal Sumatera Barat tersebut pun menegaskan tidak ingin gegabah melakukan pengerucutan pemain. Indra masih perlu menemukan komposisi terbaik melalui Tur Nusantara. “Masih terlalu cepat menilai mereka secara keseluruhan,” ujar dia.

Indra menurunkan para pemain inti pada babak pertama.  Alhasil, Evan Dimas dan kawan-kawan tampil mendominasi dan memetik kemenangan 2-0 sebelum turun minum. Dua gol timnas U-19 dicetak Ilham Udin Armaiyn pada menit ke-15 dan Evan Dimas pada menit ke-38.

Kedua gol tersebut diciptakan dengan proses ciamik. Ilham membuka keunggulan setelah memanfaatkan umpan terobosan Evan dari lapangan tengah. Bermodalkan kecepatan, Ilham lebih dulu menggiring bola sebelum akhirnya melepaskan tembakan keras kaki kiri ke tiang dekat. Sedangkan Evan mencetak gol melalui tendangan first time seusai menerima terobosan lambung Hargianto dari luar kotak penalti.

Namun intensitas serangan timnas U-19 menurun ketika Indra melakukan perombakan di lini serang. Selain memasukkan Martinus dan Fahmi, Indra juga menarik Maldini Pali untuk digantikan dengan Septian David Maulana. Timnas U-19 akhirnya tidak mampu menambah keunggulan.

Updated: March 16, 2014 — 10:58 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons