TIMNAS U-19 BERSIAP MENGHADAPI PUTRA SAMARINDA U-21

Tanggal 14 Maret 2014 ini timnas Indonesia U-19 akan bersiap menghadapi Putra Samarinda di bawah usia 21 tahun (Pusam U-21). Namun tuan rumahd dipastikan akan memberikan perlawanan dalam pertandingan yang bakal digelar di Stadion Utama Kalimantan Timur di Palaran.
Pelatih Pusam U-21 Heriansyah mengatakan telah memiliki strategi khusus untuk meredam permainan Evan Dimas dan kawan-kawan. Dengan skuad andalan yang dimiliki saat ini, Heriansyah menjamin mereka akan merepotkan barisan pertahanan Timnas U-19. “Yang penting jangan terpancing masuk ke daerah mereka untuk merebut bola,” kata Heriansyah, Selasa, 4 Maret 2014.
Secara teknis, Heriansyah mengklaim sangat mengetahui pola permainan timnas dari pertandingan yang sudah beberapa kali ditayangkan saluran televisi. Menurut dia, secara keseluruhan timnas U-19 memiliki permainan sangat bagus. Mobilitas tinggi yang ditunjang oleh kemampuan para pemain, menjadikan timnas belum terkalahkan.
Yang pasti, kata Heriansyah, mereka akan sengaja membiarkan timnas U-19 menguasai jalannya laga. Dengan begitu, dia berharap bakal terbuka celah untuk melakukan serangan balik. Pusam U-21 akan mengandalkan penyerangnya, Terens Puhiri, yang pernah menjalani seleksi timnas U-19 asuhan pelatih Indra Sjafri.
Selain itu, menurut Heriansyah, Pusam U-21 harus sebisa mungkin menangkal pergerakan Evan cs. Menjaga daerah pertahanan, kata dia, menjadi hal yang paling penting untuk menutup ruang gerak timnas U-19. “Tusukan-tusukan timnas yang berbahaya itu yang harus dipotong. Caranya ya menutup ruang gerak mereka,” kata Heriansyah. “Dalam sepak bola, menguasai pertandingan bukan berarti memenangkan pertandingan,” dia melanjutkan.
Heriansyah mengingatkan, jika pemain Pusam U-21 nekat bermain terbuka dengan merebut bola di daerah pertahanan timnas, maka akan datang petaka. “Timnas itu sangat cepat membangun serangan jika ada ruang. Itu berbahaya,” katanya.
Heriansyah mengatakan telah menyiapkan 24 pemain untuk menghadapi timnas U-19. Sebelum laga berlangsung, ia akan melakukan beberapa uji coba dengan tim lokal. Dalam pekan ini, mereka akan melawan tim senior di Samarinda. Selanjutnya, ada uji coba dengan tim asal Kota Bontang.
Updated: March 5, 2014 — 5:25 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons