PERAWATAN MOBIL BEKAS

Mobil bekas-mobil bekas. Bagi kita para pemilik mobil bekas yang berusia diatas 6 tahun, harus diketahui bahwa ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan dalam mobil kita. Jika kita tidak mengawasinya sedikit saja, bisa jadi perjalanan kita malah terganggu. Semua bagian-bagian mobil mempunyai cara dan perlakuan yang berbeda-beda. Tentunya kita masih ingin berlama-lama bersama mobil kita itu. Berikut beberapa hal yang harus kita ketahui dalam merawat mobil kita yang telah dimakan usia:

  1.  Cek mesin. Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, maka kita bisa tahu jika ada bagian atau spare part yang perlu diganti
  2. Jangan kebiasaan memasukkan mobil ke dalam lubang-lubang yang kita anggap kecil, hal itu sangat berbahaya apalagi masuk ke lubang dalam kecepatan tinggi karena bisa memperpendek umur suspensi, bahkan bisa seketika merusak ball joint dan tie rod.
  3. Periksa dan ganti minyak pelumas secara berkala. Ganti oli mesin setiap 4000-5000 kilometer. Oli power steering, minyak rem, mesin cuci pelarut, cairan anti beku serta pelumas transmisi juga harus secara rutin diperiksa dan diganti. Selain itu, saat mengganti oli mesin sangat dianjurkan untuk juga melakukan penggantian filter oli.
  4. Periksa juga lampu-lampu sebelum pergi berkendara, terutama jika akan berjalan pada malam hari.
  5. Periksa kondisi wiper. Sebaiknya karet wiper diganti setiap 1,5 tahun sekali karena karet wiper akan mengeras akibat terjemur di sinar matahari. Jika karet wiper sudah tidak dapat menyapu titik air secara sempurna, segera ganti. Mencampur air di dalam tabung pencuci dengan cairan pembersih wiper juga akan sangat membantu kenyaman saat berkendara, langkah tersebut juga akan membuat wiper lebih awet.
  6. Pastikan air radiator selalu terisi penuh dan bekerja sesuai fungsinya untuk mencegah overheat. Ganti air radiator jika sudah berubah warna atau sudah mencapai km 20,000 dan kelipatannya, ganti dengan radiator coolant jika pelu.
  7. Selalu panaskan mesin saat hendak digunakan. Hal ini untuk memastikan komponen di dalam mesin terlumasi yang akan mengurangi gesekan dan keausan.
Updated: February 1, 2014 — 9:30 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons