ULASAN CHEVROLET ALL NEW SPARK

Chevrolet All New Spark. Hari ini saya akan mengulas mengenai Chevrolet All New Spark pesenannya mas Edswift Ramadhan
Spesifikasi Mesin
All New Chevrolet Spark (Gen 3) muncul di tahun 2010 dengan dibekali mesin bensin 1.2-liter 4-silinder. DOHC, 16 katup, Transmisi: Manual, 5 percepatan. Sayangnya mesin mobil ini dianggap sebagian orang lemot karena tarikan bawahnya kerasa berat banget.
Interior mobil

Interior jangan bandingkan dengan dashboard rombongan mobil LCGC karena interior All New Spark termasuk yang terbaik dikelasnya. Chevrolet mengedepankan desain double cockpit pada dasbornya. Fitur-fitur di kabin pun berbicara banyak, sebanyak stowage untuk gelas dan botol minum di berbagai sudut. Satu hal yang menarik dari kabin Spark adalah bentuk dan posisi speedometer yang berbeda ketimbang kompetitornya. Informasi mengenai kecepatan, putaran mesin, bahan bakar, dan temperatur ditampilkan di dua layar LCD bulat secara digital pada meter cluster yang tidak terintegrasi dengan dashboard.

AC: berhubung ini mobil impor, jadi ACnya dirancang panas dan dingin, sebuah teknologi yang menurut saya saat ini sangat mubazir sekali di Indonesia. Namun suara sound system standarnya lumayan empuk.
Eksterior mobil
Eksterior agak nyentrik karena ada Roof rail dengan tulangan khusus pada atap, bentuk eksterior lainnya tidak terlalu istimewa. Bodi mobil lumayan keras dan tebal, nggak kayak LCGC, saat pintu mobil Spark ditutup, suaranya mantab banget.  
Penyokong mobil
Suspensi dpn/blk: MacPherson Strut/Type-U torsion beam, Rem dpn/blk: Cakram berventilasi/teromol, belum ABS, belum EBD, dan power steering masih tipe hidraulik. Pemakaian ban berukuran 155/70 R14 terasa kurang mengigit, terlebih kala mobil berada di lintasan basah. Ban standar terlalu kecil/ kurang lebar.
Ground Clearance
Ground clearance Spark berjarak < 150 mm dari tanah. Artinya, Anda perlu berhati-hati saat mobil berada di lintasan berlubang atau bergelombang
Konsumsi bensin
Konsumsi BBM All New Chevrolet Spark di luar kota/ tol lancar mampu mencapai konsumsi rata-rata 17 – 18 km/liter, sedangkan dalam kota dalam keadaan padat sekitar 10-11 km/ liter. Dengan power yang hanya 1200 cc saya anggap konsumsi bensin mobil ini masih termasuk dalam batas rata-rata.
Namun jangan salah, Chevrolet Spark ini alergi banget minum premium. Udah banyak testimoni teman di kaskus yang mengeluhkan insiden premium ini sampai kemudian akhirnya Spark mereka harus turun mesin.
Kisah Mobil Spark di  tahun 2013
Penjualan
All New Spark tampaknya sudah tidak menjadi fokus pemasaran pabrikan Chevrolet lagi. Semenjak kedatangan Chevrolet Spin dan All New Aveo, All New Spark seperti di anak tirikan. Belum lagi  mobil ini yang merupakan mobil impor, sehingga kenaikan pajak impor kendaraan roda empat benar-benar membuat Spark menjadi mobil ‘anak hilang’. Saat ini jarang sekali menemukan Spark di dealer-dealer Chevrolet, walaupun ada, kemungkinan itu sisa dan pembeli yang beruntuk bakal mendapatkan diskon gede yang bisa mencapai 25 juta rupiah!
Beredar rumor bahwa di tahun 2014 Spark akan mulai diproduksi di Indonesia, namun belum ada pihak resmi yang berani menjawab rumor ini.
Kondisi Sparepart
Saat ini Chevy Spark sangat jarang ada dijalanan baik dikota kota besar maupun kota kecil, bahkan review dari media cetak atau elektronik pun juga sangat jarang berkaitan dengan Chevy Spark, kalaupun ada lebih banyak dari media luar bukan lokal. Sehingga maklum saja jika ada spare parts yg nggak ready stock di bengkel resmi.. namanya juga mobil yg jarang keliatan di jalan. 
Updated: December 29, 2013 — 12:25 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons