INI DIA MOBIL ANTI CELAKA

Tokyo – Nissan memamerkan autonomous driving car atau mobil autopilot alias mobil tanpa pengendara yang berbasis dari mobil listrik Nissan LEAF di Tokyo Motor Show 2013. Mobil ini diklaim tidak pernah mengalami kecelakaan selama proses pengujiannya.

“Kita punya sejarah tidak pernah ada insiden pada mobil ini. Kami percaya dengan teknologi yang kami kembangkan,” kata Nissan Executive Vice Presiden Nissan Mitsuhiko Yamashita dalam sesi wawancara bersama reporter detikOto Ahmad Toriq dan beberapa jurnalis Indonesia.

Yamashita menerangkan sistem autonomous driving tak bisa selalu diterapkan. Ada kondisi-kondisi tertentu yang menjadi syarat agar pengemudi bisa menggunakan sistem autopilot di mobilnya.

“Di jalan yang lurus dan tidak terlalu ramai serta cuaca cerah,” ujarnya.

Selain Jepang, pasar yang akan disasar Nissan untuk menjajakan autonomous driving car adalah Amerika Serikat dan Eropa. Mungkinkah mobil ini dipasarkan di Indonesia?

“Teknologi ini tergantung dengan aturan di negara tujuan dan juga harus ada infrastruktur yang mendukung,” jawab Yamashita diplomatis.

Rencananya di tahun 2020 nanti Nissan akan mulai memasarkan mobil tersebut ke pasaran dunia. Saat ini Nissan tengah membangun proving ground khusus di Jepang yang akan selesai pada akhir tahun fiskal 2014 atau pada Maret 2015 nanti.

Proving ground ini akan khusus menguji kehandalan mobil autopilot Nissan dan membuat teknologi ini lebih aman. Tujuan utama Nissan memproduksi mobil autopilot memang untuk membuat jalanan lebih aman.

http:// oto.detik.com/otoshow/read/2013/11/22/181636/2421153/1506/mobil-tanpa-pengemudi-tak-pernah-kecelakaan?o991102638
Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*