GERAH GELISAH RUMAH SAKIT MENJELANG BPJS

bpjs_1Aturan yang belum baku, sistem pembiayaan yang belum jelas menjadi latar belakang mengapa masalah UU JKN masih menjadi perdebatan di kalangan medis dan rumah sakit. Maklum saja, sekitar dua bulan lagi, SJSN akan mulai diterapkan dan Askes sudah akan bertransformasi menjadi BPJS.

Apakah itu masalah buat Rumah Sakit? Belum tentu, tergantung dari rumah sakitnya juga. Bagi rumah sakit kaya yang mempunyai pelanggan kelas menengah ke atas, adanya BPJS mungkin hanya akan berimbas secara tidak langsung. Mengapa? Karena Rumah Sakit yang sudah kaya dan terkenal biasanya banyak bekerja sama dengan asuransi atau perusahaan-perusahaan bonafit yang sudah punya asuransi sendiri. Namun bagi rumah sakit kecil yang berada di daerah, yang pelanggannya lebih banyak berasal dari golongan menengah ke bawah, adanya BPJS ini akan sangat terasa sekali. Jika Rumah Sakit gagal beradaptasi maka Rumah Sakit akan kolaps.

Seperti halnya Rumah Sakit yang baru saya pimpin sekarang ini, kami belum bisa melakukan kerjasama/ komitmen dengan pihak Askes disebabkan adanya transformasi BPJS tahun depan. Yang jadi pertanyaannya adalah: akan bagaimana bentuk kerjasama antara Rumah Sakit dengan Askes dimasa yang akan datang. Beruntung bagi kami yang belum ada kerjasama karena kami bisa mempelajari dan melihat perkembangan mengenai BPJS ini. Rumah Sakit yang tidak atau belum bekerjasama akan melihat dan menunggu saja sementara ini sambil melihat proses yang berjalan dalam beberapa bulan ke depan.

Rumah Sakit swasta corenya adalah bisnis yang ujungnya adalah menghasilkan profit. Jika kerjasama dengan BPJS tidak menghasilkan profit, pun jika menghasilkan profit dengan margin yang tipis sekali, bagaimana rumah sakit swasta bisa berkembang?

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*