PASAR VALUTA ASING

Bursa valuta asing atau bursa valas merupakan suatu mekanisme di mana orang dapat memperjualbelikan mata uang asing. Masing-masing negara memiliki mata uang yang berbeda. Bila terjadi perdagangan antarnegara,diperlukan valuta asing atau devisa,yaitu mata uang yang dapat diterima oleh dunia internasional.Contoh mata uang yang diperdagangkan antara lain dollar AS, euro, poundsterling, yen dan lain-lain.Sebagai ilustrasi, perha tikanlah dua contoh berikut ini.
Seorang pengusaha di jakarta ingin membeli mesin-mesin dari perusahaan industri ternama di jerman. Sudah tentu pengusaha di jerman minta di bayar dalam euro. Oleh karena uang rupiah tidak berlaku di Jerman, pengusaha indonesia itu harus memberi euro dari bank devisa dengan harga tertentu. Harga yang dibayar untuk membeli uang asing tersebut dinamakan kurs.

Di lain kesempatan, seorang karyawan baru pulang dari amerika serikat. Di dompetnya masih cukup banyak terdapat lembaran uang dollar AS. Mata uang itu tidak bisa dipakai di tanah air. Ia harus menukarkannya dengan mata uang rupiah. Maka ia menjual uang dollarnya ke bank devisa sesuai dengan kurs yang berlaku.
Dua contoh di atas memperlihatkan bahwa mata uang asing dapat diperjualbelikan. Jual beli valuta asing ini terjadi di pasar yang khusus, yaitu bursa valuta asing. Dengan demikian, bursa valuta asing merupakan pasar tempat diperjualbelikan macam-macam mata uang asing.
Penentuan kurs valuta asing dalam keadaan pasar bebas dibentuk oleh interaksi antara permintaan dan penawaran terhadap valuta asing tersebut. Permintaan akan valuta asing sebagian besar datang dari para importir yang harus membayar impor barang atau jasa dari luar negeri, sedangkan penawaran valuta asing sebagian besar berasai dari para eksportir yang hasil ekspornya dibayar dalam mata uang asing. Permintaan valuta asing juga datang dari orang-orang yang mau berangkat ke luar negeri atau orang-orang yang mau menanamkan uangnya di luar negeri. Di indonesia kurs resmi ditentukan oleh Bank Indonesia dengan nama kurs konvensi atau nilai tukar mata uang asing terhadap rupiah. Kurs valuta asing terpenting setiap hari dapat diketahui dari bank-bank devisi atau surat kabar.

Ada dua fungsi bursa valuta asing. Pertama, sebagai tempat bertemu untuk memperoleh informasi tentang keadan pasar valuta asing. Kedua, sebagai tempat dan alat untuk mengetahui kurs-kurs uang asing (valuta asing).

Adapun lembaga-lembaga yang diperbolehkan menjual valuta asing antara lain bank (bank devisa), money changer, makelar valuta asing. Berkat adanya pasar valuta asing, perdagangan antara negara dapat berlangsung tanpa kendala berarti.

Kelebihan valuta asing dapat dilihat sebagai berikut:

  1. Sebagai sumber informasi bagi masyarakat tentang kurs mata uang asing.
  2. Membantu masyarakat dalam memenuhi permintaan mata uang asing.
  3. Memudahkan masyarakat dalam interaksi dengan pihak laur negeri.
  4. Mengurangi risiko valas. Bila transaksi sudah ditentukan dalam kurs tertentu, bila eksportir dan importir akan terhindar dari kerugian bila terjadi perubahan nilai kurs.

Sedangkan kelemahan pasar valuta asing ini adalah kerena mata uang asing bebas diperjualbelikan siapa saja, maka sangat mungkin terjadi spekulasi yang merugikan negara.

 

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*