PASAR TENAGA KERJA

Salah satu masalah pokok yang dihadapi Indonesia juga negara-negara lain adalah bagaimana menciptakan lapangan kerja. Lapangan kerja merupakan masalah penting karena menyangkut sifat hakiki manusia, yang dalam hal ini berperan sebagai tenaga kerja. Manusia perlu makan atau hidup layak, yang dapat ia peroleh jika ia punya penghasilan. Penghasilan diperoleh dari pekerjaan. Masalah tenaga kerja menjadi isu yang penting semakin lama penawaran jasa pekerja semakin bertambah besar sementara permintaan pekerja tidak bertambah atau dapat dikatakan semakin menyempit.

Pasar tenaga kerja berperan sebagai tempat untuk memperoleh informasi tentang lowongan pekerjaan dalam negeri maupun luar negeri. Dengan adanya informasi lowongan kerja yang cepat dan akurat, lowongan pekerjaan akan cepat terisi sehingga mengurangi penganguran. Di samping itu, pasar tenaga kerja yang berperan menjamin terisinya suatu posisi pekerjaan dengan tenaga kerja yang berbobot. Keadaan ini akan mendukung peningkatan produktivitas masyarakat.

Sebagaimana layaknya sebuah pasar, terdapat permintaan dan penawaran. Penawaran akan jasa kerja datang dari para pencari kerja, sebaliknya permintaan akan pegawai atau pekerja datang dari pemilik modal seperti pemerintah atau pengusaha yang membutuhkan pekerja. Ada tiga faktor utama yang mempengaruhi harga, atau dalam hal ini upah pekerja di pasar tenaga kerja, yaitu keahlian, tipe pekerjaan, dan lokasi pekerjaan.pasar-tenaga-kerja-2

Keahlian merupakan faktor kemampuan seorang melakukan pekerjaan. Kemampuan ini bisa jadi berasal dari bakat, pendidikan atau letihan, dan pengalaman kerja, sebagai contoh seorang dokter dan pemain bulutangkis profesional mungkin memiliki gaji yang sama, tingkat pendidikan mereka berbeda, namun bakat, latihan dan pengalaman mereka sama baiknya di bidang masing-masing. Karena itu, gaji mereka bisa tinggi.

Tipe pekerjaan juga mempengeruhi kesediaan pengusaha untuk membayar tingkat gaji dan kesediaan pencari kerja menerima gaji. Jenis pekerjaan yang berbahaya seperti penambang memiliki gaji yang relatif lebih tinggi dibandingkan pekerjaan dengan tingkat keterampilan setara. Sebaliknya, bila pekerjaan tersebut oleh seorang dianggap menyenangkan atau memiliki gengsi tinggi, orang relatif bersedia menerima bayaran yang tidak terlalu tinggi. Contohnya: menjadi pegawai negeri atau menjadi figuran sinetron.

Lokasi juga menentukan gaji. Lokasi di Jakarta di mana biaya hidup tinggi relatif menawarkan gaji yang relatif lebih besar dibandingkan dengan pekerja setara di kota lain. Namun di Papua, gaji bagi tenaga kerja ahli bisa menjadi tinggi karena tidak mudah mengajak tenaga ahli kesana. Meskipun demikian, perlu diingat, bila banyak tersedia yang menganggur sementara tawaran kerja sedikit, gaji juga dapur menjadi kecil.

pasar-tenaga-kerja-1

Di Indonesia, pasar tenaga kerja ini di tangani oleh Departemen Tenaga Kerja dan lembaga swasta yang telah mendapatkan izin dari departemen yang bersangkutan. Contoh kegiatan Departemen Tenaga Kerja antara lain:

  1. Antar Kerja Antar Daerah (AKAD), yaitu memobilitas tenaga kerja dari satu daerah ke daerah lain yang membutuhkan;
  2. Antar Kerja Antar Negara (AKAN), yaitu kegiatan pengiriman tenagan kerja ke negara lain yang membutuhkan, seperti pengiriman tenaga kerja ke negara lain yang membutuhkan, seperti pengiriman tenaga kerja ke Amerika, Arab Saudi, dan lain-lain.

Dalam situasi perekonomian yang semakin maju, kegiatan-kegaiatan ekonomi membutuhkan tenaga kerja terdidik, seperti manajer profesional, tenaga teknik, tenaga akuntan, dan berbagai tenaga profesional lainnya, ini berarti angkatan kerja perlu mempersiapkan diri secara profesional untuk mengisi lowongan tersebut. Oleh karenanya, pengemban sumber daya manusia mutlak diperlukan sehingga tidak terjadi kesenjangan seperti telah disebutkan di atas. Artinya lapangan kerja yang tersedia. Bisa di isi sesuai dengan kebutuhan kedua belah pihak, yaitu pekerja dan pengusaha.

Sebagai sebuah sistem, pasar tenaga kerja juga memiliki kelebihan dan kelemahan.

  1. Sebagai tempat memperoleh informasi tentang lowongan pekerjaan di dalam dan di luar negeri.
  2. Membantu pekerja memperoleh pekerjaan dan sebaliknya membantu perusahaan mencari pekerja yang sesuai.
  3. Mengarungi beban pengangguran negara.
  4. Menambah devisa negara.

 

Loading...

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*